JJM : Jalan Jalan Makassar




Pertanyaannya adalah, ada apa aja sih di Makassar ? bagus nggak disana? Berapa lama waktu tempuhnya? Transportasi akomodasinya gampang nggak sih? Emangnya disana makanannya enak-enak ya? 




Hehe, untuk seluruh pertanyaan kalian tadi, akan saya jawab lengkap disini. 

Yuk here we goooo : 

1.   Ada apa aja sih di Makassar? 

Secara umum Makassar sama kayak tempat-tempat lain di Indonesia. Makassar sudah masuk kota besar yang biasa didatangi turis domestic maupun mancanegara. Makassar terkenal dengan tradisi torajanya itu, apalagi Bandar udara di Makassar sudah masuk Bandar udara internasional sehingga kalian tidak perlu khawatir fasilitas yang ada di kota ini. 

Mulai dari tempat wisata alam, tempat hiburan seperti Trans Studio Makassar, pantai, pulau, wisata adat, semua ada disini. Belum lagi disini juga disuguhi begitu banyak makanan khas dari Makassar yang bikin lidah kita goyang. Jadi jangan ragu buat ke Makassar.



2.   Tempat wisata rekomendasinya apa aja 

Karena saya hanya berkesempatan mampir selama beberapa hari, maka tidak memungkinkan untuk mengunjungi seluruh tempat wisata disini. Wisata pulau yang terdekat yang dapat ditempuh dari Kota Makassar dengan menyeberang selama kurang lebih 30 menit sampai dengan 1 jam adalah Pulau Lae Lae dan Pulau Samalona. 

Lokasi menyeberang yang saya pilih adalah di depan benteng Rotterdam. Ada satu lokasi yang agak sepi yang bisa kalian pilih, lokasinya kurang lbih 20 menit dari pusat kota. 

Saran saya bila ingin menyeberang, pastikan anda dalam jumlah banyak atau pintar menawar biaya transportasi kapalnya. Karena disana biasanya yang menawarkan adalah calo yang berdiam di dekat dermaga.

 Saya dan teman-teman, 4 orang awalnya ditawari 400k untuk 1 lokasi saja pulang pergi. Sementara teman kenalan saya dapat harga 300k satu lokasi satu orang. Akhirnya saya tawar 400k untuk 2 lokasi pulau Lae Lae dan Samalona antar jemput dengan syarat menunggu kami selesai bersantai. 



Sementara bila anda menginginkan lokasi yang lebih jauh lagi, anda bisa menyeberang ke pulau kodingaren keke dengan menyeberang selama 1 jam lebih, namun pada sore hari tidak ada kapal yang mau menyeberang kesana. Sedangkan jika menginginkan ke pantai tanjung bira, anda harus melakukan perjalanan darat selama kurang lebih 4-5 jam. 

Wisata alam pepohonan disini ada kebun the yang terletak agak jauh dari pusat kota dan wisata tana toraja. Kebetulan pada bulan Desember/akhir tahun banyak sekali digelar acara adat di Tanah Toraja, sehingga kalian bisa mampir kesana untuk berwisata sekaligus mengenal adat. 

Untuk kalian yang menyukai permainan dan membawa anak-anak ikut serta, ada Trans Studio Pertama di Indonesia yang ada di Makassar. Disini disuguhkan begitu banyak permainan dan kisaran harga 100-200 k bergantung pada hari yang kalian datangi.

3.   Berapa lama waktu tempuh dari Jogja Makassar?

Untuk kalian yang menyukai efisiensi waktu, maka pesawat adalah pilihannya. Ada begitu banyak pilihan waktu penerbangan dan maskapainya, tinggal pilih yang murah, langsung, atau transit. Kisaran harga dibanderol kurang lebih mulai dari 800 k, sementara untuk weekend biasanya lebih mahal lagi harga yang dipasang.

Waktu tempuh dari jogja ke Makassar memang tidak jauh berbeda dengan Jogja – Jakarta. Kurang lebih 2 jam. Tetapi karena perbedaan waktu satu jam antara jogja dengan Makassar, maka ketika anda berangkat jam disesuaikan dengan waktu sana (maju), sementara ketika kepulangan jam menjadi mundur. 

Sementara apabila kalian menginginkan pengalaman lebih lama, maka kapal juga bisa jadi pilihan. Sayangnya, apabila ingin menyeberang dengan kapal waktu berkisar antara 2-3 hari dan tidak bisa langsung dari Yogyakarta, pilihannya adalah menyeberang dari Surabaya atau semarang.

4.   Transportasi akomodasi gampang nggak?

Karena sudah menjamur berbagai macam aplikasi transportasi online, maka kalian tidak perlu khawatir terhadap transportasi akomodasi di suatu kota. 

Jika kalian tidak memiliki teman atau saudara, maka tinggal download saja aplikasi tersebut, pilih lokasi antar dan penjemputan, maka semua beres. Kemudahan teknologi sudah memudahkan dan mengurangi manusia dari kegelisahan hal-hal semacam ini. 

Sedangkan untuk hotelnya, jangan khawatir, begitu banyak hotel yang ada di Makassar, mulai dari bintang kecil sampai bintang besar. Hehe. Tinggal pilih sesuai selera dan budget yang kalian punya. Dan klik, semua beres.

5.   Apa aja makanan favorit disana ? 

Buat kalian penggila kuliner. Disini banyaaak banget makanan yang bisa dicoba buat memanjakan lidah. Ada coto Makassar, sup conro, iga bakar, seafood, mie titi, pisang epe, pisang ijo, pallubasa serigala. 

Dari mulai yang murah sampai dengan yang mahal bisa kalian temuin. Di setiap sudut kota banyaaak banget jajanan pinggiran sampai jajanan elite yang bisa kalian coba. Khusus buat oleh-olehnya, admin rekomendasiin toko unggul yang alamatnya di jl. pattimura ya gaes, karena selain lengkap - di toko tersebut harga relatif lebih murah daripada yang lain. toko buku mulai jam 10 an, tapi biasanya dari pagi pelancong sudah pada antri di depan toko.

Masih ragu buat ke Makassar? Yuk jangan ragu melancong kesini.