TAHUN BARU! RENCANA BARU!


Ngayogyokarto Hadininingrat
Kamis, 27 Desember 2018.

Ga kerasa 5 hari lagi udah masuk 2019.
Basa basi sih emang nih pembukaan, wkwk. Langsung aja ah.

Oke, btw soal tahun baru, pasti kalian udah punya agenda untuk ngapain aja di malem tahun baru. Entah jalan sama temen, nongkrong, keluarga, barbeque an di belakang rumah, atau nonton konser gratisan. Agenda tahun baru emang jibunan, banyak, rame, dan pasti seru. Dimana-mana macet karna barengan sama liburan anak sekolah dan natal yang dipanjangin, jadi semua kota tujuan wisata bisa dipastikan macet cet. Kayak Jogja.

Tahun baru buat sebagian orang penting, buat saya juga. Entah tradisi rutinnya, atau hal lain dari tahun baru memang rame untuk dibahas. Nah, salah satu yang penting dibahas adalah, udah ngapaaain aja sih kita 2018 lalu? Udah ngasilin apa aja? Udah kemana aja? Target mana aja yang kecapai? Target mana yang nggak kecapai dan alesannya apa?







Buat saya, tahun baru jadi penanda kita mau ngapain lagi nih, kita udah ngapain aja nih, apa yang perlu diperbaiki, apa yang perlu direncanain lagi. Lebih tepatnya tahun baru buat saya jadi kayak rencana baru. YA TAUN BARU! HARUS ADA RENCANA BARU

Saya typical orang yang ke prepare, jadi bahkan tahun depan bulan tertentu saya sudah ngrencanain mau kemana, dan mau ngapain. Kalau saya pingin sesuatu di tahun itu, atau ada target/deadline, saya harus nyari cara gimana cara memenuhinya. Misalkan saya harus lulus tahun 2017, maka dari 2016 saya udah prepare kapan mau ngajuin judul, dan step by step perbulannya jelas. Itulah kenapa bagi saya notes, dan daily planning itu ngebantu banget buat kalian yang suka terencana idupnya. Pencapainnya kecatet.

Dibandingkan nggak ada rencana, saya lebih mending terlalu banyak rencana. Seenggaknya ketika kita nentuin beberapa target, ada yang tercapai – dibanding tidak menargetkan apa-apa dan hambar banget rasanya. Ya ya, manusia cuman bisa berencana, maka itulah saya selalu membuat perencanaan sebaik-baiknya, jangan sampai taun yang lalu nggak bisa dilebih bagusin di tahun depan. Jangan sampai tahun depan malah merosot daripada tahun lalu, kita kan selalu berdoa ada peningkatan – minimal bertahan.

Bagi manusia, berharap itu boleh, berusaha itu wajib, tapi terlalu mengandalkan harapan juga nggak diperbolehkan. Bisa bikin kecewa yang ga kelar kelar.

Nah, 3 hal yang penting dipikirin waktu mau ganti tahun. Here we go:

1.       Introspeksi
365 hari itu nggak sebentar. Tapi rasanya waktu cepet banget kelar. Entah udah ngapain aja kita tahun 2018, tiba-tiba tanpa banyak menyadari, tahun udah mau ganti. Karena kita jarang sadar, itulah gunanya pas akhir taun harus sadar sekali aja. Hehe.

Rasulullah bersabda, “Tidak akan bergeser kedua kaki anak Adam di hari kiamat dari sisi Rabbnya, hingga dia ditanya tentang lima perkara (yaitu): tentang umurnya untuk apa ia habiskan, tentang masa mudanya bagaimana ia gunakan, tentang hartanya dari mana ia dapatkan, dan dalam hal apa (hartanya tersebut) ia belanjakan serta apa saja yang telah ia amalkan dari ilmu yang dimilikinya.” 

jangan dikira waktu yang kita pake ngga diperhitungkan, waktu yang kita gunain bakal ditanyain buat apa aja? masa muda kita buat ngapain aja? jadi jangan sampe terbuang sia-sia.

Lalu, dari menyadari waktu itu akhirnya kita bisa tahu, 365 hari itu buat kita ngapain aja ya? Udah manfaat belum ya? Waktuku udah maksimal digunain belum? Apa aja yang sudah terlaksana keinginannya? Apa aja yang bisa dicoret dari listnya ?

Dan akhirnya kita bisa introspeksi, sudah bergunakah hidup kita sampai saat ini? Seimbangkah hidup dunia dan akhirat kita nanti? Sudah cukup belum usaha dan bekalku ? Moment tahun baru paling enak emang buat introspeksi kontemplasi. Jadi ini timingnya harusnya digunain sebaik-baiknya, bukan malah ganti taun pake acara gajelas lalu solat subuh lupa.

2.       Cek target tahunan
Setiap orang pasti punya target. Oke deh, kalo mereka emang nggak punya target pasti, rencana jelas atau harapan muluk-muluk, mereka pasti punya keinginan. Itu manusiawi. Pembedanya adalah, ada keinginan yang bisa jadi bagian kita manusia untuk berusaha – dan ada keinginan yang jadi jatahnya Tuhan buat mau ngabulin atau enggak.

Buat opsi yang pertama, kita harus merjuangin keinginan kalau memang baik. intinya, setelah membuat keinginan itu harusnya kita bisa mewujudkan. Kalo enggak, tulisin aja deh. Coba deh buka buku/notes/diary kamu di tahun 2018, apa aja yang pernah jadi keinginan kamu?

Missal aja, tahun 2015 saya buat target s2, 2017 lulus, magang, 2018 kerja baru, buka kantor, 2019 ngajuin SK, hamdalahnya karena selalu kita kumpul sama temen-temen yang juga semangat, semua yang saya tulis di notes – meskipun banyak bisa sesuai target. Kecuali niqah sih, wkwk. Tapi gapapa, karna itu rencana Allah – di luar kapasitas kita, jadi kita cuman bisa maksimalin rencana yang bisa kita selesein aja.

Nah karna saya pengen kalian juga sama semangatnya, coba deh tulisin semua target kalian, gaperlu banyak-banyak. Tulisin aja semampu kalian, yang bisa bikin semangat dan antusias ngejalanin hidup. Lebih afdhol lagi kalau kalian punya notes yang jadi bukti harapan kalian tiap tahunnya. Semangat.  

3.       Mari berterima kasih pada perasaan menyenangkan dan kurang menyenangkan
Mari flashback kejadian setahun ini, apa aja yang udah kita alamin.
Apa aja yang nyenengin?
Apa aja yang kurang nyenengin?
                        Apa yang berkesan?
                                    Apa yang ngga begitu berkesan?

Ketemu orang baru, pekerjaan baru, partner baru yang kerjanya lelet, kehilangan pekerjaan, kesulitan nyari uang, terpaksa utang, kehilangan seseorang, kecewa, ditinggal teman pergi ke tempat yang jauh, orang tua sakit, gagal deket sama orang, ketipu orang, dan masih banyak lagi.

Sebenernya, apa sih itu perasaan menyenangkan dan kurang menyenangkan?

Bagi saya, semua itu tadi ada karna kita memberi NILAI pada sesuatu. Ketika kita meletakkan sesuatu berlebihan atau tidak pas pada tempatnya, akhirnya hanya kecewa yang didapat. Akan berbeda jika kita menganggap bahwa semua yang terjadi di dunia memang sudah pada tempatnya. Itu memang harus terjadi, entah takdir, atau karma perbuatan yang pernah kita lakukan.

Jadi, mari berterima kasih pada semua perasaan, untuk mereka yang menyebalkan dengan porsi sama besarnya pada mereka yang membahagiakan. Untuk perasaan kurang menyenangkan sama besarnya dengan perasaan menyenangkan. Karna tanpa itu semua, kita tidak benar-benar hidup. Tanpa itu semua, saya rasa saya tidak benar-benar belajar untuk hidup.

Yang menyenangkan membawa hikmah, begitupun yang kurang menyenangkan, ia juga membawa hikmah yang sama besar.

4.       Rencanakan yang baru
Abis introspeksi, cek target tahunan berbukti di notes, dan berterima kasih buat segala yang udah ada – tahap paling penting, yuk bikin rencana baru, jalan baru, rute baru, strategi baru. Rencanakan ulang hal yang belum bisa tercapai tahun lalu. Karna menurut saya tiap kejadian pasti nggak terjadi dengan alasan, jadi kita harus cari alasan itu.

Misalkan, kenapa kita belum juga buka kantor? Hambatannya modal, SK belum keluar, magang belum kelar, maka taun depan kita mau gak mau kudu cari cara ngelaksanain semua itu. Mulai dari nabung (yang artinya kencengin perut, gausah banyak jajan perut, baju dan jalan-jalannya dikurangin dulu), yumari usaha nyari SK (yang artinya segera kelarin magang di BPN, buat surat pengajuan, siapin duit dan terbang ke Jakarta), dan kelarin magang – lengkapin syaratnya (artinya, siap-siap deh belajar dan lain sebagainya)

Semua keputusan yang kita ambil ngaruh banget buat ke depannya. Jadi jangan sampe idup tanpa rencana apalagi nganggur nunggu rejeki nomplok. Allah emang nggak bakal bikin hambanya kekurangan, tapi Allah bakal lebih mengapresiasi seseorang yang mau usaha kenceng. Jadi, kalau ada rencana yang belum kesampean – usaha terus, jangan patah semangat. Ganti rencana, ganti rute, ganti strategi sampe dapet. Pasti waktunya buat dikabulin bakal dateng.

Yang terakhir, saya mau bilang makasih buat semua orang, dan semua pelajaran yang udah saya lewatin 2018 ini. Rasanya, tanpa itu juga saya nggak mungkin berkembang, jadi yuk bikin rencana baru. Sejauh apapun itu.