6 CARA BERPIKIR POSITIF MENURUT DR IBRAHIM ELFIKY


              Banyak hal yang saya dapat dari setelah membaca buku ini untuk ke-2 kalinya. 6 cara unggulan yang akan saya ringkas untuk kalian supaya dapat membantu memperbaiki pola pikir sekaligus kehidupan kita. 6 cara ini adalah cara paling menarik bagi saya dan dapat kalian baca ulang di dalam buku Therapy berfikir positif beserta tips lainnya yang mungkin akan lebih cocok untuk style kalian. Selamat membaca!  

6 cara berpikir positif untuk mengubah kehidupan kita menjadi lebih baik.

Check this out!

1.      MENGUBAH PERSEPSI MASA LALU

Kita bisa saja mengalami hal buruk, memalukan, memilukan, menyedihkan, dan sederet hal lain yang menurut kalian “negative” di masa lalu. Tapi menganggapnya terus menerus menjadi hal negative tidak akan  banyak membantu. Alih-alih merasa itu adalah aib masa lalu, akan lebih bijak jika kita dapat mengambil Pelajaran dari situ.

Mudahnya, dengan merubah persepsi “masalah menjadi hikmah”, kita secara tidak langsung membuka tombol “ON” untuk menerima hanya hal baik. Selain itu, kita bisa mendapatkan manfaat dan Pelajaran berharga dari kehidupan dan Keputusan yang menurut kita salah di masa lalu. Lagipula, jika tidak pernah melakukan hal “ini” dulu, belum tentu kita akan menjadi seperti saat ini.

 


2.      MODELLING (TELADAN)

Memiliki seseorang yang kita teladani, yang kita contoh, yang kita jadikan panutan akan sangat membantu bagaimana kita menetapkan tujuan untuk diri sendiri. “aku ingin menjadi seperti pesepakbola ini”, akan memotivasi kita melakukan setidaknya minimal seperti apa yang dilakukan oleh role model kita.

Meniru kebiasaannya, pola pikirnya, bahkan tujuan hidupnya. Strategi ini membantu kita untuk tidak merasa kosong dan lebih baik lagi karena kita jadi lebih mudah menetapkan tujuan tanpa harus merencanakannya sendiri.

 

3.      MIRRORING (MELIHAT SUDUT PANDANG ORANG LAIN)

Cara ini memang jarang sekali saya lakukan, tapi dari buku ini saya seperti mendapatkan ilham. Menempatkan diri pada sudut pandang atau posisi orang lain akan sangat membantu kita melatih empati, dan mengambil keputusan.

 Tentu pengambilan keputusan kita tidak boleh didasari perasaan orang lain, tapi setidaknya itu membantu kita melihat apa yang dirasakan atau dialami orang lain sebelum menghakiminya. Dengan hanya berfokus kepada perasaan dan sudut pandang diri sendiri, kita hanya melihat apa yang ingin kita lihat– sehingga strategi ini sebenarnya  justru melatih kita melihat lebih luas,  hal-hal yang terlewat dan hal-hal yang tidak bisa kita lihat.

 

4.      UBAH KONSENTRASI

Jika kamu memikirkan hal baik, kamu tidak akan mendapatkan hasil buruk. Setidaknya hanya itu yang perlu kamu ingat. Mungkin saja kamu akan mengalami hambatan, tapi mengubah konsentrasi pada hal yang kamu inginkan akan sangat membantu peningkatan tekad dan niat yang kamu punya. Selain itu, membuat konsentrasi baru membuat pikiran kita fokus pada hal itu dan mengesampingkan hal lainnya.

Anggaplah seperti ini, jika kamu membayangkan akan sangat produktif hari ini – mengerjakan segala tugas-tugas yang sudah kamu rencanakan, kamu tidak akan sempat untuk mengeluh malas, tidak bertenaga atau hal lain. itu karena kamu telah berkonsentrasi dan memberikan fokus kepada hal tsb sehingga hal lain dikesampingkan.  Hebatnya, pikiran kita bekerja seperti itu dan dapat kita manfaatkan terus menerus.

 

5.      5 HAL POKOK DALAM KEHIDUPAN

Hal apa yang paling penting dalam hidupmu ?

-          KELUARGA - KESEHATAN – KEKAYAAN – IBADAH – PENAMPILAN – PENDIDIKAN ?

Atau dalam komposisi lain seperti :

-          KARIR – PACAR – KEKAYAAN – IBADAH ?

Atau komposisi lain yang saya utamakan seperti;

-          SPIRITUAL KELUARGA – KEPRIBADIAN –  KESEHATAN – MATERIAL

Urutan tersebut mungkin akan terus berubah dan tidak sama antara 1 orang dengan yang lainnya. Kalian bisa menentukan 7 hal pokok (atau lebih sedikit lagi) untuk menetapkan tujuan mana yang harus kalian capai lebih dulu. Tentu saja kita tidak bisa mencapai banyak hal sekaligus. Cukup fokus saja dengan skala prioritasmu dan kamu akan terbantu melihatnya mengarahkan kamu lebih optimal pada upayamu.

6.      ALTERNATIF / PLAN ABC

Ketika sesuatu berjalan tidak lancar – atau di luar rencana, hal itu bisa saja merubah energi kita. Padahal, memiliki plan ABC membantu kita melihat lebih jauh, Solusi bisa didapat dari mana saja, dan banyak jalan menuju roma. Itu jawabannya.

Drama terakhir yang saya lihat berjudul pyramid game. Bercerita tentang anak SMA pindahan yang mengalami pembullyan karena permainan yang disepakati teman sekelasnya. Dalam keadaan terdesak, tokoh utama terus memikirkan cara bagaimana mengubah sistem, melihat celah, dan terus menerus memeras otak untuk membuat rencana baru.

Anggaplah rencana A yang telah kita lakukan ternyata memiliki banyak cacat dan kekurangan, setelah melakukannya kita terus berfikir untuk mengevaluasi apa yang salah dan mana yang bisa ditingkatkan. Selanjutnya kita akan melakukan plan B dengan penyesuaian atas rencana A yang tidak sempurna, dan begitu seterusnya sampai kita menemukan formula yang tepat untuk menyelesaikannya. Sekali lagi, fokus saja pada Solusi dan harapan yang kita gambar.

Itu tadi 6 cara berpikir positif yang menurut saya patut untuk dicoba. Semoga bermanfaat! 

Best Regards, Latifa Mustafida

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung.

Latifa Mustafida