Harga seonggok Buku


Beli buku mah nggak ngenyangin
Begitu  kata salah satu temen saya,
 kata mereka ngapain repot beli kalo masih bisa minjem?
Mending buat nongkrong atau nyalon. Ketahuan enaknya! Gitu!

Salah kaprah! Salah kiprah!

Sumpah! Gimana mau maju kalo beli pulsa lancar. Jajanin ceweknya lancar. Tapi ngurangin duit buat beli buku aja pelitnya nggak ketulungan. Oke deh nggak usah susah-susah beli, kalau kalian emang pelit masalah beli buku, masih banyak pilihan lain buat bisa baca – pinjem temen yang suka beli, baca di perpustakaan, sampe baca berita apapun di bekas bungkus gorengan (buang jauh-jauh pilihan terakhir)

Kalimat tadi masih harus diperpayah sama temen-temen saya yang lebih suka nongkrong tiap malem sambil beli ngabisin es ber(gelas) gelas, jajanan-jajanan serba gorengan yang nggak tahu minyaknya warna item atau coklat butek, sampee luntang luntung nggak jelas buat main PS atau pindah dari satu kafe ke kafe yang lain cuman karena niyat nyobain! Saya sampe heran sama gaya hidup anak jaman sekarang (abaikan bahwa saya juga anak jaman ini, ckck) yang pelit sama masa depan, tapi “lumo” banget sama yang namanya foya-foya. 

Soal gaya anak jaman sekarang yang kebolak-balik, saya sampe heran karena yang aneh jadi biasa dan yang biasa jadi sangat aneh. Saya dianggep orang aneh nan serius cuman gara-gara baca buku waktu perjalanan mau ke Malang naik kereta. Emang segitu anehnya ya? Yang lebih aneh lagi, ketika minoritas orang yang suka baca buku dimana aja ini, hampir selalu jadi bahan nyinyir an karena dianggep sok pinter, sok bijak, dan sok tuwir. Kejem! Padahal yang dibaca kan nggak selalu buku filsafat atau buku pelajaran, bukunya Raditya Dika kan juga buku bacaan.

Hare gene mah jamannya update segala macem yang mainstream. Hampir bisa di cek bahwa mereka yang check in di path, twitter, dan lain-lain jarang banget update di toko buku atau aktifitas yang berbau-bau buku. Bukannya saya mau jadi orang sok, tapi baca buku emang kurang keren dibanding sama update nongkrong di kafe baru, nampilin foto alam super ciamik sama fotoin makanan paling kece.

Tapi dunia mau bilang apa kalo jogja yang katanya kota pelajar, anak mudanya lebih suka makaaaan dibanding ngisi kepala sama bacaan? Penelitian membuktikan demikian, kalau kafe baru lebih ngetop daripada buku baru. Haha saya sok banget ya?
         
   Budaya membaca (BACA APA AJA) jadi andalan bagi seluruh negara berkembang untuk memperbaiki mutu pendidikan dan perkembangan negara itu sendiri. Dengan moto membaca adalah jendela dunia, masih aja perpustakaan di indonesia dianggap gedung antik yang masuk jajaran paling jarang dimasuki manusia kalo nggak ada tugas dari guru, dosen, atau tentor. Bandingin sama negara lain yang anak mudanya suka mbaca, perpustakaannya sampe antri bejibun orang buat masuk.

Nah Loh?

Saya sendiri, sebagai mantan mahasiswa yang males ke perpustakaan, punya cara sendiri buat ngakalin kalau saya ngrasa lagi menurun minat bacanya. Saya cuman perlu ke toko buku yang asyik, dengan latar kolam ikan dan ikannya yang ciamik buat mata, ambil buku yang udah dibuka plastiknya – saya cuman bakal duduk di depan kolam dan baca buku gratisan selama yang saya mau. Sekuat pantat saya duduk di kursi super atos yang bikin tambah tepos.
            
 Saya pribadi emang kurang suka kelamaan di perpustakaan, karena posisinya yang nggak PW, saya paling anti kelamaan duduk kalo baca. Kegiatan membaca buat saya harus bisa diakalin dengan berbagai pose, boleh kayang, boleh tengkurep, boleh tiduran, boleh gaya apa aja. Ditambah lagi dengan fakta bahwa, di perpustakaan kita masih sedikit sekali koleksi buku fiksi dan motivasi yang bisa dibaca. Perpustakaan lebih fokus terhadap buku non fiksi dan bacaan serius, maka dari itu saya lebih suka mejeng di toko buku tinimbang perpustakaan. Oke, anggep aja ini pembelaan diri.

Omong-omong tentang buku, berapa sih harga seonggok buku?
          
  Yakin, saya yakin 100 % yakin harga satu buku nggak bakalan bikin kalian – terutama anak kuliahan atau sekolah miskin dan hidup terlunta-lunta sebulan.
         
   Kalau diasumsikan satu buku cuman seharga 60 ribu (harga standar dengan ketebalan dua ratusan), selama bertahun-tahun saya beli buku sampe akhirnya ngejogrok di rak buku kamar, saya cuman ngabisin kurang lebih 6 jutaan buat beli buku. Ini angka yang kutil sekali dibanding sama konsumsi pulsa saya, baju, makan, uang beli paket data, dan uang maen sekaligus nongkrong sama teman. Anggap saja ini investasi masa depan  buat adek, sodara, bahkan buat anak cucu kita nanti. Apasih.
          
  Kalau makanan cuman bakal nguap jadi kotoran dan ketampung di septic tank, buku yang pernah kalian baca – bakalan terus ngasih ilmu buat hidup kita, minimal sudut pandang lain yang diberikan dari sebuah bacaan. Manfaat lain? Ngeliatin rak buku yang penuh dengan warna-warni buku bikin hidup saya lebih hidup, istilah kasarannya, duit yang pernah saya pegang punya bentuk di depan mata saya ini. Nih loh, duit gue dulu ada bentuknya (walaupun yang lain gatau lari buat apa aja). Butuh alasan lain lagi? Dengan membaca, kalian secara otomatis nambah kosakata baru dan keren buat interaksi sama orang lain. Belum keuntungan lain yang lebih kece adalah, sampe nanti buku kalian berpuluh-beratus-bahkan beribu koleksinya, kalian bisa buka usaha penyewaan buku yang kalian punya itu? udah manfaat buat orang lain, ngasilin duit juga buat sendiri.
             
Kece kan?
          
  Saking sayangnya sama buku, saya sampe suka heboh sendiri kalo buku yang ngilang atau ketekuk-tekuk habis dipinjem orang. Itu belum kalo saya sewot waktu sampul plastik saya rusak, tapi saya tahan. Walaupun begitu, saya masih berharap sampe detik ini, buku yang saya beli bisa nular dibaca orang dan nularin orang itu suka baca buku juga. Kalau nggak bisa jadi pahlawan, minimal saya jadi pejuang buku ajalah. Yaaa walaupun saya harus rela buku saya diperlakukan tidak berperi-kebukuan.
               
               
               


2 komentar

  1. saya kira untuk update yang mainstream-maenstream itu tidak masalah, belum tentu juga dia update di medsos berbau seperti yang anda katakan (saya suka bahasa "anak gaul hedonis", sebagai ungkapannya) tetapi di realtime mereka memiliki beberapa jam untuk membaca. saya menangkapnya sebagai suatu asumsi dari penulis, bukan fakta dari kenyataan. Terlebih, update di medsos merupakan suatu ajang dari eksistensi diri agar orang tersebut diingat atau dibicarakan orang lain misalnya.

    Ketika anda bilang (penelitian membuktikan demikian) di paragraf 5, saya melihatnya sebagai arogansi dari penulis sebagai bahan dasar untuk menguatkan pendapat dari penulis. Tidak semua pembaca menyadari hal ini, alangkah lebih baik jika ditautkan link website dari yang meneliti hal tersebut agar pembaca lebih percaya atau kuat terhadap argumen yang penulis ajukan.

    kalau saya lebih suka membaca komik mbak untuk ngakalin minat baca saya. tetapi di Togamas bukan untuk mancing ikan to mbak hahaaa *bercanda. Saya setuju pendapat mbak di akhir paragraf 8. Tetapi menurut saya lebih baik perpustakaan daerah yang seharusnya menjadi lumbung buku dari berbagai genre, kalau untuk perpustakaan universitas saya kurang setuju.

    Coba dong di share koleksi buku nya, siapa tau kita bisa tuker baca. hahaaa...

    Iya saya juga kadang kesel, misalkan ada temen saya yang pinjem buku terus ketika balik bukunya dalam keadaan terlipat, rasanya itu loh... ni bocah semprul sekali. Nah, buat ngatasin hal tersebut, saya rela minjemin buku sama ngasih pembatas buku sekalian dah. Kalau sampe buku saya di stabilo atau ada coretan-coretan, solusi terbaiknya lebih baik dimasukan kedalam blacklist peminjam buku, tentunya dengan peringat terlebih dahulu.

    Saya suka tulisan anda.

    Salam Anonim. hahaaa :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam beberapa gaya bahasa orang, arogansi itu penting untuk menguatkan betapa lucunya - nggak masuk akalnya - atau ngeyelnya si orang tersebut meyakinkan orang lain walaupun tanpa bukti. hhe, namanya juga bukan dikhususkan pada tulisan ilmiah. tapi di luar konteks mainstream, update, atau gaul dan tidak gaul, saya cuman pengen ngajak mereka suka baca. baca apa aja. baca yang bisa dibaca, dalam hal ini komik juga termasuk bacaan. meskipun saya kurang punya minat yang besar karena ceritanya yang bersambung dan sedikit lembarnya. Nah, yang jadi miris itu ketika banyak buku di sekeliling mereka dan gratis - cuman dianggurin.

      ada kok koleksi buku saya yang lama, walaupun nggak saya post fotonya.

      oke makasih ya :D

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung.

Latifa Mustafida