SERPRAAAAAAIS!


Pas buka mata udah ada kue ulang tahun, lilin, plus angkanya.
lantas bespren dan pacar nyium dan meluk entah dari mana
....
Ternyata? Cuman ngimpi!


SERPRAAAAAAIS!

Segerombolan manusia tiba-tiba dateng nggak tau masuk darimana, tau-tau udah nongol di kamar aja. Mata masih susah melek, kesadaran tipis, dan kita diteriakin nyanyian selamat ulang tahun sambil perlahan sadar kalo kita belum touch up in mukaaa (Ouch!) Di belakangnya ada bapak ibu, temen dari sd – smp – sma – kuliah sampe temen mana aja yang dateng sambil bawa kue lucu dan kado se gaban.

Mata gue berkaca-kacaaaa! ENVY.



Itu tadi adegan di tipi-tipi. Temen-temennya artis. Bukan temen-temen saya. 

Nah, Baru aja adek saya dikasih serprais sama temen-temennya, saya pikir cerita itu ya cuman jadi santapan anak artis, anak eksis dan sebagian yang serupalah. Kirain ya masih banyak orang nggak peduli sama rutinitas begituan, ternyata? Ternyata temen-temen adek saya peduli jugaaaaaa. Mereka konspirasi sama ibuk saya biar bisa nyanyiin lagu selamat ulang tahun. Dan saya? 

Sejujurnya saya iri, kadang-kadang kepingin juga dapet serprais juga dari temen-temen, yang deket aja deh. Apa kek, kasih kue kek, coklat kek, atau bunga lah minimal, bunga kertas juga nggak papa asal saya dikasih kejutan sama temen serombongan yang biasa main affair sama saya. Eh? Mungkin saya bakal terharu banget dan nangis di tempat, nyadarin betapa mereka begitu sayangnya sama saya, atau betapa mereka mau repot-repotnya dateng dan ngeluangin waktunya DEMI SAYA! Padahal apalah saya ini. Cuman dapet sms nyelamatin ulang tahun aja saya udah seneng banget, gimana mereka kalo ngasih kado sama kue ulang tahun ya?

Sayangnya belum pernah!

Kasian ya saya? 

Duluuuu banget, pas sd, waktu ulang tahun saya emang pernah dilemparin telur sama temen saya. Walhasil saya bete. Waktu sma, temen-temen juga ngelemparin saya pake pewarna entahlah apa di seragam putih dan susah hilang. Walhasil, saya bete juga. Siapa yang nggak takut dibetein terus? Dan yang terakhir, waktu saya kuliah, saya dapet kue – tapi bukan kue ulang tahun sih. Begini kronologinya, tiap tahun selalu saya usahain untuk bisa makan bareng minimal di waktu ulang tahun saya tanpa ngarepin apa-apa. Mereka dateng aja udah seneng, cukup setor muka dan udah. Beberapa orang temen cewek bawain kue donat sambil dikasih lilin mati lampu yang asli. Walaupun begitu, saya apresiasi perhatian mereka. Dibandingin sama yang lain yang cuman diem aja (eh?)

 ini namanya ngarep ya? 

Omong-omong tentang tradisi serprais ini, mungkin seharusnya saya ngaca dulu gimana saya memperlakukan teman-teman saya. Saya emang bukan cewek yang heboh sama rutinitas beginian, yang harus selalu ngumpul sambil merencanakan something lah pas ada temen ulang tahun. Atau patungan buat beliin kado buat mereka. Ada beberapa temen saya yang harus nyiapin gandum, telur mentah, pewarna pakaian, rafia, air segalon, sampe yang paling parah telor busuk! Nah, dengan sedikit kesadaran itu, saya akhirnya ngerti – mana ada temen saya yang mau ngasih saya serprais, saya aja nggak pernah ngejutin mereka? MIKIR. 

Di jalan-Jalan, di televisi, dari cerita teman - saya sering liat mereka yang ketawa-ketawa ngeliatin temennya yang di tali di pohon dalam kondisi basah kuyup dan penuh gandum dan telur karena dikerjain. Ya cuman moment ulang tahun. Hebatnya mereka welcome. Nggak kayak saya yang kebanyakan aturan. Ya, sadarin aja dulu deh klo saya bukan cewek pengejut dan mengejutkan. Tiap kali ada yang bikin serprais party ulang tahun sambil ngusilin yang ulang tahun dan berbau anarkis, saya selalu aja jadi garda terdepan yang protes – NGAPA SIH BEGITUAN! NGGAK PENTING BANGET. Sambil muka nyinyir. 

Ya apa sih gitu pentingnya? Cukup ngasih kue sambil nyanyi udah lengkap kan? Atau kalo nggak kalian temen-temen bespren yang jauh atau pacar LDR an tiba-tiba dateng dan ngasih selamat tanpa pemberitahuan. Ini kan sosuit. Nggak perlu pake telor, pewarna, dan apalah yang notabene nyebelin kalo kena di badan. Bau lah, susah ilang lah, dan bikin bete! Oke, mungkin ini sensitifitas pribadi saya aja. 

Pada akhirnya ketika saya menyadari bahwa saya bukan cewek pengejut dan bukan cewek yang suka dikejutkan dengan hal mainstream tadi, mungkin temen-temen saya jadi parno juga sama saya. Mau ngasih serprais takut, nggak ngasih serprais ya salah juga. Akhirnya, mending milih aman kan ya? Belum lagi alasan bahwa saya juga jarang banget ngasih kado ke orang. Prinsip saya ya timbal balik, ada yang ngasih ya saya balik ngasih, nggak ngasih ya ngapain? Cukup nyelamatin aja udah lumayan baik tuh. Baiknya mereka, beberapa ada yang tau saya suka banget dikasih buku, dan mereka selalu ngado saya buku pas ulang tahun. Tapi ini cuman segelintir orang yang justru sering saya abaikan. Temen cewek sih jarang yang ngasih, biasanya sih perhitungan untung rugi – mungkin saya juga. 

Tapi, ternyata hidup emang nggak sesempit kepala saya. Semuanya emang take and give banget. Dimanapun kalian berada, memberi adalah cara lain menerima. Yang memberi aja belum tentu menerima, gimana mereka yang nggak pernah memberi – mau nerima darimana? Mungkin mereka yang penuh kasih sayang dan suka memberikan kejutan buat orang lain lah yang akan mendapatkan kebahagiaan serupa di hari bahagia mereka. 

Ya iyalah ya,  Nggak mau ngasih kok minta dikasih? MIKIR


 READ MORE Hepi Twenty Three , Dua Puluh Empat . 

2 komentar

  1. iseng baca tulisanmu yg ini aku ya begitu kok dan aku juga begitu ga pernah mikir mau ngasih suprise :D tapi hamdalah taktiran selalu ditagih temen huakakaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe hamdalah ya brati masih banyak duit kita mah.

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung.

Latifa Mustafida