Pod House Losari, Hotel Kapsul Makassar




          Well yeaah, kabar baik lagi untuk para penggila travelling,  akhirnya saya berkesempatan lagi singgah di hotel kapsul di kota lain Indonesia. Setelah sebelumnya saya mencoba hotel kapsul My studio Hotel di Surabaya, kali ini, di Makassar - hotel ini bernama Pod House Losari.

Dimana letaknya ini hotel? 

Kabar bagusnya adalah, hotel kapsul ini berlokasi di pusat kota, dekat dengan pusat wisata – pusat oleh-oleh (jalan somba opu tepat berada di belakang hotel) dan tempat menarik lainnya. Sesuai dengan namanya, Pod House Losari berlokasi tepat di depan anjungan Pantai Lokasi Makassar. 


Rooftop di hotel ini langsung mengarah ke view Masjid Apung Kota Makassar (btw, masjid disini bagus banget. Suara muadzinnya bikin syahdu dan tempatnya bersih) dan pantai losari. Lokasi ini tepat di pinggir jalan raya (yang setiap minggunya digunakan untuk car free day) dan diapit toko-toko yang memudahkan kalian untuk travelling, sebelah kanan circle K, sebelah kiri hotel tempat makan







Untuk mencapai tempat-tempat wisata yang ada di Makassar dari hotel ini hanya membutuhkan waktu 10 menit sampai 30 menit (tergantung kemacetan, fyi, di Makassar arus lalu lintas kurang rapih jadi waktu menyesuaikan jam-jam rawan macet), misalkan saja Pulau Lae-Lae, Benteng Rotterdam, Benteng Somba Opu, Pantai Losari, atau kalau kalian menginginkan lokasi Mall maka tempat ini saya rekomendasikan. 

Apakah transportasi disana sulit? Oh, dengan bantuan kemudahan aplikasi transportasi online. Untuk menuju ke tempat-tempat tadi kalian bisa memesan grab/uber/gojek melalui aplikasi yang kalian miliki dengan harga yang tidak perlu dikhawatirkan. Harganya standart banget.

Lalu, apa bedanya hotel kapsul di Surabaya dan Makassar ini? 

Sejauh ini perbedaan tidak terlalu mencolok. Untuk room bisnis / per orang tetap dibanderol dengan harga kurang lebih 150k bila memesan via online/aplikasi pemesan hotel. Dengan memesan room via online harga yang didapat lebih murah disbanding dengan order langsung di tempat, perbedannya sampai 50 k. 

Fasilitas yang didapat dengan harga segitu apa aja? 

Oke, pemesanan via online di studio hotel memang sudah dilengkapi breakfast kopi/teh dan roti. Sementara di Makassar tidak dilengkapi dengan sarapan. Yang menjadi lebihnya adalah, di Makassar, hotel kapsul ini dilengkapi dengan kafe di lantai bawah dan rooftop yang menghadap langsung ke pantai sehingga kita bisa lihat sunset sore harinya sambil duduk-duduk. Kelebihan lain lagi, di Makassar dengan harga 150 untuk perhari tersebut sudah dilengkapi dengan gelang lemari dan loker sandal. Di Surabaya kita masih harus menyetor deposit kurang lebih 100 k yang dibayarkan sementara pada resepsionis. 

Nah, kekurangannya adalah, di my studio hotel Surabaya dilengkapi dengan transportasi gratis untuk menuju beberapa tempat terdekat dari hotel, sementara disini tidak.

Yang paling saya senang ketika di Pod House Losari Makasar adalah, lokasi sangat strategis, view menarik, dan suasana berasa di bali karena dimana-mana banyak pejalan kaki dan halaman hotel langsung anjungan pantai, terlebih lagi bagian resepsionis dan seluruh karyawan disana sangat ramah, murah senyum dan komunikatif sehingga kalian tidak perlu complain atas pelayanan yang tidak menyenangkan.

Keadaan hotel meskipun bersama-sama dengan orang banyak tapi bisa dijamin sangat menjaga kebersihan. Tidak ada sampah yang berceceran apalagi bau tidak enak yang kalian rasakan.

Selama 2 hari disana saya ketemu banyak orang, domestic maupun mancanegara kumpul jadi satu. Ada yang dari Bangka Belitung, pekalongan, jerman, Balikpapan, dan masih banyak. Tapi satu pesan saya buat kalian, buat yang penakut, diusahakan jangan memesan hotel ini di hari aktif kerja, karena hotel ini biasanya ramai weekend saja – sehingga ketika hari mulai kerja sudah dapat dipastikan dengan beberapa kapsul kasur di satu kamar hanya diisi satu atau dua orang saja.

Salam backpack.