YANG KAMU RINDUKAN SAAT RAMADHAN




Kesibukan manusia udah bikin manusia kadang-kadang lupa, kalau ngejaga badan dan ngejaga hubungan baik dengan keluarga dan teman adalah salah satu hal yang paling krusial dalam hidup. Penting ting ting banget. Contohnya aja keluarga saya, tiap kali sampe rumah abis kerja, atau kuliah, semua-muanya udah ngedekem aja di kamar, sibuk sama handphone masing-masing, sibuk sama urusan masing-masing. Entah itu sekedar tiduran, leyeh-leyeh, atau ngerjain something.

Buat makan bareng yang bener-bener ini nih moment nya juga susah karena semua pasti paham, sekalipun anak akan tetep jadi anak, mereka berkembang dan tumbuh dewasa dengan teman dan lingkungan yang sama sekali lain dengan orang tuanya. Akhirnya, tiap kali direncanakan pergi barengan, udah susah, yang satu bisa satunya enggak. Satunya ready satunya alesan capek. Jadi berakhirlah semua rencana itu.

Semua maunya punya acara sendiri-sendiri. Semua anak punya agenda sendiri-sendiri. Yang satu rebut mau kesana, yang satu rebut mau kesini. Wkwk. 



Meskipun kita berlima (keluarga saya ada lima kepala jumlahnya) ada di satu rumah, atau bertempat di satu ruangan, jarang banget yang namanya ada komunikasi intens semacam gimana tadi kuliahnya dan bla bla bla. Untuk nyiptain moment yang mahal kayak ngobrol bareng gituu susaaah banget. Sekalipun bisa, kita harus ngakalin dengan pergi keluar bareng-bareng, yang di jalan bisa sedikit ngobrol bareng. Tapi sampe di tempat yang dituju dan ternyata ada wifinya, komunikasi kita ke-cut lagi. Balik maning ke dunia masing-masing. Henpon. Haha.

Betapa sedihnya hubungan yang dekat di mata jauh di hati begitu. Wkwk.

Pas moment-moment gitu, saya akhirnya sadar dan rinduuu berat sama yang namanya Ramadhan. Terlepas dari romadhon ngasih kesempatan sebanyak-banyaknya buat saya buat ibadah, buat rajin, buat manage tenaga dan waktu dengan tenaga yang di save gitu, dan buat THR alias gaji double nya itu. Yang paling special dari lebaran dan Ramadhan adalah : KEBERSAMAAN. Haha Bahasa saya kesannya udik nan alay banget ya.


Iya emang alay dikit gapapa. Kebersamaan udah jadi barang mahal sekarang, atau entah sampai kapan lagi. Saking semua orang udah punya smartphone, udah punya henpon seri yang gimana aja dan bisa ketemu via telpun atau whatsapp, kita jadi kurang ngehargain waktu bareng. Seandainya ada pun kita pasti lebih sibuk nanggepin yang jauh atau cekrek-cekrek nyari foto buat di posting di akun Instagram masing-masing. Ulaalaaa – betapa kesannya saya jadi anak yang jauh dari keluarga gini banget ya. Wkkw. Kebersamaan, semacam cuman dinilai dari adanya foto bareng, tapi sebenernya nggak bener-bener nyiptain kesan atau cerita yang dalem.

Begitu yang saya rasain. Entah kalo kalian. Tapi dengan Ramadhan, saya dikasih kesempatan itu berlibat-lipat.

Akhirnya datanglah Ramadhan, yang ngasih saya kesempatan makan sahur bareng keluarga FULL TEAM, FULL LAUK PAUK, FULL MOOD,– bisa ngebangunin orang tua, nyiapin makan bareng diselingi obrolan renyah atau ketawa bareng acara saur yang bikin ngakak.
Akhirnya datanglah Ramadhan, yang ngasih kesempatan buat saya makan bareng lagi sama keluarga pas buka puasa, nikmatin semua kenikmatan duniawi cuman pake TEH panas buatan emak di rumah yang bisa bikin senyum puas dunia kayak di genggaman kita.
Akhirnya datanglah Ramadhan, yang ngasih kesempatan ke saya ketemu orang yang lama nggak nongol di kampung, bisa tarawih plus tadarusan bareng di masjid. Ngumpulin pahala dan ibadah bareng-bareng.
Akhirnya datanglah Ramadhan, waktu yang bisa ngebuat saya ngerasa dekeeeet banget sama Tuhan, sama keluarga, sama temen-temen buat buka bersama, sampe akhirnya … Ramadhan pergi
– yang kesisa cuman makan-makan, toples-toples kosong, tangan yang pegel abis salam-salaman, angpau putih isi lima ribuan, keluarga yang katanya maaf-maafan dan akhirnya kembali lagi ke rutinitas harian,

30 hari udah terlewati.

Keluarga balik lagi ke perantauan. Nggaak ada lagi kumpul-kumpul keliling ke rumah sodara. Nggak ada lagi makan barengan tiap pagi sore, tarawih dan tadarusan bareng tetangga sanak family. Masjid dan jalanan mulai sepi. Nggak ada lagi yang jual pisang ijo tiap sore. Dan kamu ibadah lagi sendiri. Balik lagi sibuk sendiri.

Dan akhirnya, kalian sadarkan apa itu kebersamaan.

Salam kangen Ramadhan.