SELANGKAH LEBIH DEKAT KE BAITULLAH.


Bagi saya, menabung bukan sekedar anjuran, saya menyebutnya kewajiban. Jika yang lain sibuk menggunakan gaji hangatnya untuk HARBOLNAS hari jebol nasional dan goyang shopee ngejar diskon, saya lebih memilih mendebet otomatis gaji saya untuk ditabung secara berkala. Simple saja, tidak ada yang tau masa depan. Setiap menit dari hidup kita selalu berubah, ini, itu, prepare-nya - kita tidak perlu kebingungan menghadapi perubahan itu dengan nabung.

Lebih dari itu, saya pikir penting untuk tidak bersikap berlebihan, menghambur-hamburkan uang untuk kegiatan yang sifatnya “semu”. Untuk hidup yang tidak pasti seperti itu, saya memilih menyimpannya, menggunakan uang untuk kegiatan jangka panjang dan menyiapkan segala rencana yang ada untuk hidup yang lebih baik. (yaaa meskipun saya nggak tau idup saya sampe kapan, seenggaknya – kalo mati meninggalkan tabungan, orang yang ditinggalin bakal lebih senang kan? Wkwk)

Apa misalnya?

Haji. Umroh.




Berkunjung ke rumah Allah sudah jadi doa saya sejak beberapa tahun lalu. Kuat sekali. Meskipun kadang dikalahkan oleh liburan tahunan, saya berupaya menepati janji pada diri sendiri untuk tetap mengingat bahwa ini adalah tujuan yang harus dicapai. Jangan sampai kalah dengan napsu main dan apapun. Menggenapi hati untuk kegiatan rohani bagi saya juga seperti isi  ulang baterai. Bedanya, ini jiwa, bukan handphone atau smartphone canggih lain. Kalau smartphone saja butuh baterai, logikanya itu juga berlaku bagi iman kita. Iman kita pasang surut.  

Kadang naik. Kadang turun. Ketemu temen yang males dikit, ketularan. Ketemu halangan dikit, bisa langsung berhenti di jalan.

Oke, bicara soal haji, apa hubungannya dengan menabung ?

Beberapa dari kita menganggap bahwa haji adalah kegiatan orang tua (mungkin alasannya karena kuota yang terbatas tiap tahunnya, dan yang diutamakan memang lansia – jadi saya berdoa kuota Indonesia akan ditambah tiap tahunnya. AMIN ), tapi saya tidak yakin ini harus diyakini. Siapa yang bilang haji itu harus nunggu tua dulu? 

Kalian yakin bakalan hidup sampe tua? yang muda sekarang juga banyak yang mati duluan. Kalo mati duluan emang yakin ada yang nge haji in? syukur-syukur kalo keluarga atau anak cucu berkecukupan, kalo enggak? Brati nggak ada pilihan bagi kita buat nyesel, kenapa nggak daridulu pas idup sudah nyiapin.  Persiapan doang, bersiap, sama halnya dengan bersiap mati – kita juga harus bersiap hidup lebih baik nyari bekal mati. seenggaknya setiap dari kita tau bahwa kita sudah punya bekal NANTI.

Haji itu panggilan Allah. Entah tua, muda, siapapun pasti akan dimudahkan jalannya kalau sudah dipanggil oleh Allah untuk berkunjung ke rumahnya. YAKINI SAJA.

Tiap kali melihat teman-teman atau saudara yang bisa berkunjung ke Baitullah, saya iri luar biasa. Hamdalahnya saya masih dikasih iri soal begini. Iri yang memotivasi ibadah dan kebaikan. Jadi tiap ada siapapun yang saya tau kesana, bodo amat kenal deket atau enggak, saya bilang “DOAIN SAYA YA”. Tapi  meskipun seringkali nitip doa biar bisa cepet kesana, dalam benak saya tetep bilang, kapan saya bisa kesana? Gimana caranya? Taun berapa? butuh duit berapa ? pertanyaan itu juga ada di benak saya.

Berdoa dan lebih dekat ibadah ke pusat kiblat buat nggenepin agama siapa sih yang nggak pengen? Buat yang mau menyanggah, bisa aja bilang, doa kan bisa dimana aja, kenapa harus ke Makkah Madinah? Haji kan buat yang mampu, kita kan belum mampu. HALAH.

Doa memang bisa dimana saja, tapi jawaban yang paling tidak bisa disangkal adalah – ini satu dari rukun islam. Kalo kamu yakini itu ya laksanain aja. Nggak yakin yaudah diem aja. Nggak perlu banyak rese atau ngomentarin mereka. Untuk pertanyaan rese yang kedua yang bilang HAJI ITU BUAT YANG MAMPU, saya mau bilang –  MAMPU ADALAH PERSOALAN PRIORITAS DAN KEMAUAN. Kata mampu bisa berarti banyak hal.

Pertama, Allah pingin kita mampu, jadi usaha dong yang kenceng. Sekuat tenaga. Ini yang saya bilang motivasi diam-diam. MAMPU itu artinya KALO KAMU MAU pasti kamu bakal ngupayain sebisa kamu, nabung sebisanya, belajar semampunya, berdoa sebanyak-banyaknya. Allah pengen kita kerja keras. Manfaatin waktu sebaik-baiknya. Gunain tenaga semaksimalnya. Salah satu caranya? Nabung sebisa mu. Seberapapun. Mulai dari saat ini. Nanti juga kalo nabung, lama-lama jadi mampu. Nanti juga kalo lama-lama kerja keras, Allah juga pasti tau usahamu. Siapa yang tau kalo tiba-tiba rejeki Haji dan Umrohmu justru dari rejeki lain yang tidak terduga dan bukan tabunganmu itu, siapa yang tau? 

Kedua, mampu artinya – yuk kalo kamu berdoa sama AKU,  AKU AKAN MAMPUKAN KAMU. Dari duit, waktu, kekuatan, semuanya. Berdoa, usaha, baca buku-buku yang bikin kamu jadi tambah niat kesana. Baca faidahnya, keutamaannya, hasilnya. Kencengin niatnya. Minta doa sama siapapun yang menurut kamu jadi jalan lebih mudah ngabulin doamu, doa ibumu misalnya. 

Semua orang mampu kata ALLAH, meskipun kadar mampu dan enggaknya jelas beda. Meskipun kadar mampu dan enggaknya bisa aja pas waktu muda atau tua. Bisa nggak nih kamu ngrasa mampu dari situ ? Tiap manusia yang udah dibilangin dikasih akal itu suruh mikir, mampu atau enggaknya seseorang adalah cuman karena anggapan dirinya sendiri. Kecuali yang masih BEBEL kalo nganggep diri sendiri itu rendah, ga berguna, dan gabisa ngapa-ngapain. Disindir gitu doang kok mlempem.

Nganggep diri sendiri bisa itu termasuk rasa syukur. Artinya kamu memang yakin Allah menciptakan manusia selalu dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Bukan malah nganggep diri sendiri KERE, MISKIN, NGGAK MAMPU. Nah gimana bisa kamu nganggep diri sendiri nggak mampu kalo udah dikasih akal, hati, tenaga, sama sarana sebanyak-banyaknya dunia?  Merendahkan diri sendiri brati kamu emang rendahan. Wkwk udah dikasih derajat paling tinggi daripada makhluk lain kok ngrasa rendah. (Wkwk minum HI-LO makanya biar tinggian)

Gimana bisa miskin kalo Allah Maha Kaya? Gimana bisa mampu kalo diem aja nggak usaha? ALLAH MAHA KAYA, jadi ya minta aja. Segala yang kita minta, asal itu baik, insya allah dikabulin. Lagipula, nggak ada tempat minta paling enak selain Allah. Yang kaya, dan Maha Pemurah. Soalnya ALLAH nggak pernah nagih balik duitnya, ga pernah ngungkit pemberiannya, nggak pernah nyakitin hati kita – mungkin malah sebaliknya, kita yang sering dikasih lupa syukur, sering lalai kewajiban, dan nggak manfaatin kesempatan yang diberikan.

Yang terakhir, gimana cara memampukan diri kita? Salah satu caranya dengan nabung. Ga susah kok nabung setiap bulan minimal 100 ribu, di planning sedemikian rupa dalam waktu sekian tahun. Pilihannya? Banyak. Bank jaman sekarang lebih pinter. Ada yang nawarin sistem tabungan berkala yang nggak bisa diambil sebelum jatah setoran minimal terpenuhi misalnya BANK SYARIAH MANDIRI, DANAMON, dll. Ada juga yang nawarin penggunaan jaminan dan kita bisa berangkat duluan. Cara yang kedua agak rawan sih, itu artinya kita berangkat dengan dana talangan bank yang bisa aja dianggep utang. 

Jika dengan sistem di atas, asumsi awal untuk dapet kursi biaya haji 26 juta. Untuk bisa sampai ke 26 juta  dengan nabung 100 ribu tiap bulan kamu harus nabung selama 260 bulan atau 21 tahun. Kalo sekarang kita masih umur 25 tahun, bisa lah umur 46 udah dapet kursi. TAPI SERATUS RIBU BUAT KITA ITU TERLALU RECEH GAKSIH? Sekali makan di mall aja kita bisa lebih dari seratus ribu (khusnudzon aja bagian ini buat mereka yang masih bener-bener kurang mampu. Tapi nyatanya sekarang banyak tukang bakso, dan pedagang kecil lain yang nyisihin duitnya dan dimampuin Allah).

21 TAHUN. Kalo buat seumuran saya yang masih umur dua puluhan okelah, tapi yang udah tua? yang udah 40 tahunan ke atas, gimana dong? 61 tahun baru dapet kursi. Belum nunggu tahun berangkatnya. Semisal duitnya mampu, apa fisiknya masih sekuat dulu? Itulah salah satu alasan juga kenapa kita harus MENABUNG HAJI SEJAK MUDA.  Biar tetep mampu secara finansial, waktu dan kekuatan.

Oke, biar lebih cepet, kita naikin angkanya.

Kalo gaji di atas 2 juta, asumsi kebutuhan hidup 1/2 dari gaji, jadi bisa lah nabung LIMA RATUS RIBU tiap bulan. Jadi untuk sampai 26 juta kita cuman butuh 52 bulan. Jauh banget ya bedanya? Itu berarti kamu cuman butuh waktu kurang dari 5 tahun, duuuh ngebayangin gini aja udah seneng. Dengan ngebayangin hal-hal kecil yang ngebahagiain gini bisa nambah motivasi kamu buat cepet haji, dan semangat nabung haji. SEMANGAT.

Ini cuman 500 ribu, kalo kamu naikin angkanya, buat kalian yang gaji atau rejeki tiap bulannya mampu dong ya nabung lebih gede. Kecuali kalian ngrasa nggak mampu, itu persoalan kalian sendiri. Sesungguhnya alesan kebutuhan masih banyak dan lain lain adalah urusan kalian sendiri yang tidak bisa kita tangani. Alasan akan selalu jadi alasan. Jadi jangan jadi manusia yang penuh alasan, hehe. Meskipun kita tau ada bagian tertentu dari takdir dan hati manusia yang kita nggak tau, tetep khusnudzon saja. Yakin Allah menciptakan kita sebagai manusia yang mampu, dan akan memampukan kita.

Jadi, daripada nunggu tua dan udah ga kuat ngapa-ngapa, Kenapa nggak persiapin diri dari sekarang biar kuat secara finansial dan masih punya banyaaaak kekuatan buat ibadah disana. Ibadah juga harus dipersiapin kan? Nggak Cuma nikah doang wkkw.

Yang terakhir, pengen tau cara yang menurut saya lebih cepet buat naik haji?

Hajiin orang tuamu, dan minta orang tuamu doain kamu haji dari sana. Doa orang tua bakal selalu terkabul kan ya? Hehe.

Salam haji.