“Amalan Dahsyat Pengantar Rezeki! - Sedekah Subuh"

Awal tahun 2020 lalu, bapak asrama mengirimkan saya video singkat melalui Whatsapp, isinya ceramah Syekh Ali Jaber. Saat itu saya hanya melihatnya sambil lalu. Lupa karena tidak terlalu focus melihat. Setelahnya, di waktu-waktu jamaah sholat bapak sering bertanya ke saya,

“gimana, sedekah subuhnya sudah diamalkan belum?

Nggak perlu banyak, cukup seribu atau dua ribu rupiah, yang penting istiqomah.

Jangan lupa berdoa terus. Insya Allah jadi jalan baik dikabulkan doanya”.

Dalam ceramah itu, Syekh Ali Jaber bilang bahwa, "Semua waktu sebenarnya baik, tapi saya menemukan sedekah subuh itu yang paling baik, paling dahsyat, yang paling cepat terkabul hajat kita. Kenapa sedekah subuh dahsyat? Karena setiap waktu subuh Allah turunkan malaikat tugasnya cuma satu, mendoakan orang yang berinfak di subuh hari”



Dimulai dari situ, saya pikir, apa salahnya mencoba. Bapak pasti memberikan amalan karena sudah merasakan manfaatnya. Bapak pasti memberikan amalan itu karena sayang pada anak muridnya.

Di hari berikutnya, setiap saat sebelum solat subuh – bakda adzan, atau selepas solat, saya menyempatkan diri mengisi kotak amal yang sudah saya siapkan sambil melafalkan hajat yang saya inginkan. Tidak melulu soal materi, banyak sekali yang saya minta kepada Allah, termasuk ketenangan, kelapangan hati, ketentraman, dihindarkan dari kemalasan – hutang – hal buruk, dan sederet permintaan permintaan kecil yang saya punya.

Setiap malam saya bahkan sudah menyiapkan doa yang akan saya minta di keesokan paginya. Terus menerus sampai menginjak bulan ketiga. Saya jadi nggak sabar nunggu waktu subuh setiap harinya.

Entah memang takdir rezeki saya datang saat itu atau tersebab sedekah subuh dan doa-doa yang saya panjatkan kala itu. Banyak kabar baik datang, terus menerus.

Ketenangan hati yang saya minta Allah kabulkan, penyakit saya berangsur sembuh, volume pekerjaan naik, hati saya yang seringkali diliputi perasaan marah akibat kecewa perlahan menghilang, pikiran buruk saya perlahan berubah lebih jernih dan bahagia.

Semua hal yang tadinya kelihatan sulit, berubah mudah. Saya yakin salah satunya karena sedekah subuh. Pasti karena kebaikan Allah.

Atas perasaan positif dan kebahagiaan yang berlimpah ruah itu, saya merasa harus membagikannya kepada orang lain. Saya mengirimnya kepada ibu, adik, teman-teman terdekat saya, berharap mereka juga mendapatkan hal baik dari hal tersebut dan Alhamdulillah, saya pikir mereka juga merasakannya.

Sedekah subuh yang mudah dan tidak memberatkan ini sangat bermanfaat untuk kita, manusia yang memiliki terlalu banyak kekhawatiran di kepala. Tanpa jalan menyisihkan harta, kamu tidak akan memahami bahwa hartamu bukanlah urusanmu. Kamu memang harus mengorbankan hartamu untuk tahu seberapa jauh kepercayaanmu pada Tuhan-Mu.

Tanpa berdoa kepada Allah, tidak ada lagi tempat meminta. Keinginanmu yang banyak jumlahnya itu tidak akan bisa terkabul tanpa pertolongan dari Allah. Jika tidak dikurangi satu persatu, kepalamu akan stress luar biasa menampung semua keinginan yang kamu punya. Itulah mengapa berdoa merupakan salah satu obat stress paling mujarab.

Dengan berdoa, hatimu menjadi tenang. Dengan berdoa kepada Allah, kamu tidak kesepian karena yakin punya tempat berharap dan meminta pertolongan. Dengan sedekah dan doa, bukankah itu kombinasi yang paling dahsyat agar Allah mempermudah hidupmu?

Rasulullah SAW bersabda : “Tiada sehari pun sekalian hamba memasuki suatu pagi, kecuali ada dua malaikat yang turun. Salah satu dari malaikat berkata, ‘Ya Allah, berikanlah rezeki kepada orang yang menafkahkan hartanya’. Sementara yang lain berkata, ‘Ya Allah, kurangkanlah dari yang dimiliki orang yang menahan hartanya’.” (HR Bukhari dan Muslim).

Jangan lupa sedekah subuh! Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung.

Latifa Mustafida