BUKU WAJIB PPAT, NOTARIS & MAHASISWA KENOTARIATAN (1)

Jika  kalian mengetik di mesin search internet dengan keyword “buku wajib Notaris & PPAT”, mungkin yang akan muncul adalah 7 jenis buku wajib yang harus dimiliki seorang Notaris & PPAT ketika membuka kantor seperti buku daftar akta, buku daftar wasiat, buku daftar penghadap & sebagainya. Padahal yang lebih penting dari yang terpenting bagi PPAT, Notaris maupun mahasiswa kenotariatan adalah buku pedoman!

Buku pedoman apa saja ? BANYAK TENTUNYA!

Sederet buku yang bagus pasti bisa menjadi teman ketika kamu sedang membutuhkan jawaban dalam pelaksanaan jabatan, misalnya saja mengenai manajemen perkantoran – atau tata Kelola sumber daya manusia.  




Untuk menjadi Notaris, kita harus terus menerus update peraturan terbaru – yang tentu tidak sedikit (sama seperti jurusan hukum yang lainnya). Belum lagi ketika rangkap jabatan sebagai PPAT, Pejabat Lelang kelas II maupun profesi lain yang tidak dilarang oleh peraturan perundang-undangan, kita wajib untuk mengetahui seluruh pengaturan tersebut. Selain agar tidak menemui kesalahan dalam pengetikan format maupun isi pokok akta, mempelajari & mengetahui peraturan serta pengaturan terbaru mengenai lingkup jabatan merupakan bentuk kehati-hatian dari seorang Notaris & PPAT.

Untuk membantu melaksanakan jabatan, banyak sekali buku-buku pedoman yang dapat dijadikan sebagai rujukan jika kalian baru saja membuka kantor. Salah satunya adalah buku ini.

Judul buku      

Tuntunan pembuatan Akta-Akta PPAT, Edisi Revisi.

Penulis            

Mustofa

Jumlah

878 halaman.

Penerbit

Karya Media

 

              Buku ini berisi lengkap peraturan, praktek, dan perubahannya. Mulai Undang-Undang Nomor 5/1960 tentang Pokok Agraria (UUPA), Undang-Undang Nomor 40/1996 tentang Hak Tanggungan (UUHT), lingkup jabatan PPAT, pengertian dan obyek dari masing-masing kewenangan jabatan PPAT, contoh blangko akta-akta,  maupun pengaturan lain mengenai praktek PPAT yang akan anda temui nantinya dalam praktek. Menurut saya buku ini memiliki tingkat 4/5 jika harus diberi bintang.

              Kalian bisa menggunakannya sebagai buku pedoman dalam menjalankan kantor karena mulai dari format isi akta, tata cara penulisan komparisi para penghadap, jenis akta, cara penghitungan pajak, pelaporan akta bulanan, bahkan dimana tanda tangan para penghadap harus diletakkan juga termuat dalam buku ini. Jika kalian kesulitan bertanya kepada orang lain atau senior, buku ini barangkali bisa jadi jawabannya.








              Berapa harga buku ini ?

              Ketika saya membelinya, harga buku ini di angka Rp 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah), kemungkinan besar buku ini sudah naik karena sudah di revisi dengan aturan-aturan yang lebih update. Beberapa akun shopee menjualnya bajakan dengan harga Rp 50.000, sementara akun lain yang menjual hard cover menulisnya dengan harga terbaru Rp 349.000,-  meskipun tidak murah – harga tersebut menurut saya sepadan dengan informasi dan pengalaman di dalamnya.

              Terlebih, buku ini bisa digunakan sampai kapanpun ya rekan-rekan!

Semoga bermanfaat.

 

Best Regards, Latifa Mustafida

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung.

Latifa Mustafida