3 AKUN YOUTUBE SELF HEALING TERBAIK

Oleh : Latifa Mustafida

              Di tengah gempuran informasi yang silih berganti di dunia maya, penting bagi kita untuk memilih konten yang bermanfaat bagi pengembangan mental maupun keilmuan diri. Konten yang baik akan selalu bermanfaat bagi diri sendiri, lebih dari itu – kesalahan mengonsumsi apa yang kita lihat dan kita dengar sangat berpengaruh kepada pengambilan keputusan – kebiasaan & keadaan psikologis, untuk itu kita wajib untuk memilahnya dengan baik.

              Menurut Prof Kwartarini Wahyu Yuniarti, Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, asupan nutrisi mental yang sehat sangat penting untuk diperhatikan. Gerbang nutrisi pikiran sangat beragam & lebih luas karena kita dapat menggunakan ke-5 panca Indera.

Diantara beberapa konten tersebut, saya punya 3 rekomendasi terbaik yang akan saya tuliskan. Ada beberapa kriteria untuk penentuannya, yang pertama suara yang nyaman di telinga (yang memudahkan masuk ke alam bawah sadar & me rileks kan pikiran ketika hendak tidur agar terekam dalam otak), yang ke-2 isi kajian yang dibahas, yang terakhir adalah manfaat jangka panjang dari konten yang kita dengarkan.   

Ini dia ke-tiga akun youtube favorit saya!



1.      DR AISAH DAHLAN

Dikenal sebagai salah satu muslimah yang menginspirasi, dr Aisah Dahlan kerapkali membagi ilmu kedokteran & pengalamannya dalam me-rehabilitasi pengguna narkoba, khususnya neuro sains. Dalam kajian tersebut kita akan mengenali kecenderungan otak kita mempengaruhi gaya bertindak manusia. Misalnya saja perkembangan  otak laki-laki & perempuan sejak kecil serta cara memahaminya, karena kajian tersebut banyak sekali ibu-ibu muda yang mengikuti dr aisah Dahlan karena dapat diaplikasikan dalam ilmu parenting.

Selain itu, dr aisah Dahlan dalam kajiannya memberikan tips untuk mengatasi masalah mental yang kita alami & mengatasi emosi kita yang naik turun dengan metode hypnosis. Dengan berbagai ilmu tersebut, kita bisa mengenali atau setidaknya memperbaiki kondisi mental yang belum baik.  

 

2.      DR FAHRUDDIN FAIZ

Mulanya saya mendapat rekomendasi dari seorang teman, dr fahruddin faiz merupakan salah satu pengajar di Universitas Negeri di Yogyakarta. Dengan gaya bicaranya yang halus & tenang, kajian yang dibahas dr faiz mengenai filsafat dan kehidupan sangat mudah didengarkan.

Berbeda dengan kajian filsafat lain, materi yang disampaikan lebih ringan – mudah dipahami dan aplikatif. Ada banyak sekali konten mengenai dr faiz yang sebagian besar hanya memunculkan suara, namun untuk saya yang memang mencarinya sebagai kajian pengantar tidur sudah cukup. Dapat dicoba untuk kalian yang kesulitan tidur atau mencari kajian yang digabungkan dengan keilmuan islam.  

 

3.      USTADZ ADI HIDAYAT

Konten terbanyak yang saya dengarkan dalam 2 tahun terakhir adalah kajian ustad adi hidayat. Selain enak didengar & pandai, penjelasan yang diberikan oleh UAH tidak terkesan menggurui dan tidak menyindir kalangan manapun. Beliau memaparkan apapun secara baik dan detail mengenai Al-Quran.

Sejauh ini, belum ada kajian Al-Quran di Youtube yang memberikan pemahaman dan penjelasan se-detail yang disampaikan ustad adi hidayat. Beliau membahas detail mengenai tafsir al-quran dari sumber – arti – manfaat, hadist, pelaksanaan shalat & sunah rasul dengan keilmuan beliau yang sangat mendalam.

Untuk kalian yang sedang memperdalam ilmu agama dan ingin mengetahui petunjuk mendalam yang diberikan dalam Al-Quran untuk kehidupan manusia, saya sarankan untuk mencoba mendengarkan kajiannya. Semoga beliau segera menerbitkan buku agar dapat memberikan tambahan banyak ilmu bagi pembaca lain & semoga Allah memberikan petunjuk bagi kita. Aamiin.

 Ke-3 konten tersebut sangat bermanfaat dan semoga memberikan kesembuhan bagi kalian yang sedang menemukan kesulitan. Semoga bermanfaat!  

Best Regards, Latifa Mustafida

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung.

Latifa Mustafida