CARA KHUSYUK DALAM SHALAT

Oleh : Latifa Mustafida

Shalat merupakan kewajiban umat muslim yang dilaksanakan wajib dalam 5 waktu. Dari ke-5 waktu tersebut, apabila kita tidak mengetahui manfaat dan keutamaannya maka bisa jadi kita kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keberkahan darinya. Yang lebih mengkhawatirkan – jika kita tidak mendapatkan kesimpulan yang tepat, bisa jadi kita akan berat atau malas mengerjakannya.

Nah, ada beberapa cara yang saya kutip dari kajian ustadz adi hidayat supaya kita bisa mendapatkan keutamaan dari shalat dan khusyuk ketika melaksanakannya.




1.      SHALAT SEBAGAI TEMPAT BERSERAH

Jika kalian sedang kesulitan, dan tidak ada tempat untuk bersandar atau bergantung – semua orang seolah-olah meninggalkan dan menyalahkan kekhilafanmu. Jika keadaan menjadi begitu, pasrahkan seluruh kekhawatiran kalian pada Allah dalam shalat, sehingga ketika melaksanakannya kalian akan merasa membutuhkan kehadiran Allah dibanding hanya sekedar menganggapnya sebagai kewajiban yang memberatkan.

              Awalnya mungkin sulit, tapi upaya pasrah atas segala taqdir yang diberikan Allah dalam shalat akan memberikan kita ketenangan dan ketentraman. Meyakini bahwa kita hidup atas kehendak Allah, maka segala urusan kita akan dibantu Allah. 

Meskipun tidak secara langsung dapat kalian rasakan, perlahan tapi pasti (insya allah) dengan memiliki tempat bergantung dan meyakini itu, kalian tidak akan mudah menyerah dan berpikiran buruk sehingga keadaan (pasti) menjadi lebih mudah.

2.      SHALAT SEBAGAI UNGKAPAN RASA SYUKUR

Setelah yakin bahwa Allah selalu memberi kasih sayang, kemudahan dan ketenangan (apalagi jika ternyata satu persatu doa dikabulkan (entah kalian menyadari atau tidak) – jadikan shalat sebagai cara bersyukur yang kita berikan. Doa kita terkabul satu persatu, kita diberikan kemudahan dalam rezeki, diberi ketenangan, keluarga dan badan yang sehat, dengan semua fasilitas yang baik dan gratis dari Allah itu – ungkapan syukur termudah yang bisa kita lakukan adalah shalat tepat waktu. Kita tidak memerlukan harta atau materi untuk ini, hanya kehadiranmu saja.

Hal tersebut pasti akan semakin memudahkan langkah kita melaksanakan ibadah. Karena Allah masih memberi kita hidup – kita bersyukur atas setiap waktu shalat yang masih bisa kita jalani.

3.      MENGETAHUI ARTI BACAAN SHALAT

Cara terakhir setelah kalian merasa bahwa shalat adalah kebutuhan kita untuk mendapatkan kemudahan dan keberkahan dalam hidup, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengetahui dan memahami setiap bacaan shalat yang kita baca 5 waktu tersebut.

Dalam setiap kata yang kita baca di dalam shalat terdapat doa-doa indah yang sangat menenangkan, yang setiap hari kita inginkan – yang setiap waktu kita harapkan, yang setiap kesulitan kalian mintakan.  Selain itu, pada saat membaca surat pendek - bacalah atau pilihlah surat-surat pendek yang sedang kalian butuhkan. Yang sesuai dengan kondisi kalian saat tersebut supaya mendapatkan solusi dari permintaan kalian sendiri.

Jika kalian mengetahui dan memahaminya, kalian tidak akan sengaja terburu-buru shalat karena ingin meresapi permohonan yang kita buat sendiri. Berikut beberapa doa dan artinya yang saya rangkumkan artinya.

AL FATIHAH

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ . الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ . الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم . مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ . إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ . اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ . صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

“Bismillahirrahmaanirrahiim. Alhamdulillahi rabbil 'aalamiin. Arrahmaanirrahiim. Maaliki yaumiddiin. Iyyaaka na'budu waiyyaaka nasta'iin. Ihdinash shirraathal musthaqiim. Shiraathal ladziina an'amta 'alaihim. Ghairil maghduubi 'alaihim waladl-dlaalliin.


Artinya : "Dengan nama Allah yang maha pengasih & penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam. Yang maha pengasih & penyayang. Yang menguasai hari kemudian. Pada-Mu lah kami mengabdi & kepada-Mu lah kami memohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus (jalan yang mudah). Seperti jalan orang-orang yang telah Engkau beri ni'mat. Bukan jalan mereka yang pernah Engkau murkai, atau jalan orang-orang yang sesat."

 

DOA DIANTARA 2 SUJUD

رب اغفررلي وارحمني واجبرني وارفعني وارزقني واههدني وعافني واعف عني


“Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa'nii warzuqnii wahdinii wa'aafinii wa'fu 'annii”


Artinya: "Ya Allah ampunilah dosaku, belas kasihanilah aku, cukupkanlah segala kekurangan & angkatlah derajatku, berilah rizki kepadaku, berilah aku petunjuk, berilah kesehatan kepadaku dan berilah ampunan kepadaku.".

DOA QUNUD

اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِي فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِي فِيْمَنُ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِي فِيْمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِي بِرَحْمَتِكَ شَرَّمَا قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِي وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ، وَإِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلَا يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ ، فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ، وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمّي وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَ سَلَّم


Allaahummahdinii fiiman hadait, wa 'aafinii fiman 'aafait, wa tawallanii fii man tawallait, wa baarik lii fiimaa a'thait, wa qinii birahmatika syarra maa qadhait, fainnaka taqdhii wa laa yuqdhaa 'alaik, wa innahu laa yadzillu man waalait, wa laa ya'izzu man 'adait, tabaarakta rabbanaa wa ta'aalait, fa lakal hamdu 'alaa maa qadhait, astahgfiruka wa atuubu ilaik, wa shallallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadin-nabiyyil ummiyyi wa 'alaa alihi wa shahbihi wasallam.


Artinya: "Ya Allah, berikanlah aku petunjuk seperti orang-orang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan, seperti orang-orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Limpahkanlah keberkahan kepada apa saja yang telah Engkau berikan kepadaku. Peliharalah aku dengan kasih sayang-Mu dari segala keburukan apa-apa yang telah Engkau putuskan (tetapkan), karena sesungguhnya Engkau-lah yang memberikan ketentuan dan tidak ada yang bisa memberikan ketentuan (keputusan) atas diri-Mu. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau berikan kekuasaan, & tidaklah akan mulia orang yang telah Engkau musuhi, Maha Berkah lah Engkau & Maha Luhur lah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas apa yang telah Engkau tetapkan. Aku mohon ampun & bertobat kepada-Mu. & semoga Allah memberikan rahmat & keselamatan (sholawat) atas diri junjungan kami. Nabi Muhammad, & juga atas keluarga & para sahabatnya."

 

              Sangat indah bukan arti dari bacaan yang selalu kita baca ? dengan memahaminya semoga memberikan kita ketenangan dan manfaat yang tidak terkira. Semoga kita selalu dimudahkan beramal shaleh. Salam kamis. 

semoga memudahkan memahami artinya


Best Regards, Latifa Mustafida

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung.

Latifa Mustafida