KAPAN KAMU NAIK PESAWAT PERTAMA KALI ?

Pertanyaan yang sama saya ajuin ke diri sendiri, kapan kamu naik pesawat pertama kali?

Kalau tidak salah tahun 2016, saya lupa bulan apa. Pertama kali naik pesawat tujuan bali, agenda liburan  bareng teman-teman kuliah yang jumlahnya 20-an. Sebelumnya saya selalu tanya dalam hati, kapan ya bisa naik pesawat – ngrasain kayak temen-temen lain bisa naik pesawat walaupun tujuannya cuman Jogja Jakarta. Waktu itu kalau tujuannya cuma Jakarta, membandingkan harga tiketnya, saya sudah pasti milih pake kereta karna lebih hemat.

Dulu, saya nanya dalam hati, kenapa orang mau ngeluarin duit banyak buat tujuan yang sama, misalnya aja kayak di atas tadi jogja – Jakarta. Dengan  perbandingan harga tiket 2-3x lipatnya, nyatanya bandara nggak pernah sepi penumpang (kecuali waktu covid). Baru beberapa tahun terakhir saya bisa faham, efisiensi waktu – tenaga – (dan efek samping boyokan hhe) buat beberapa orang tertentu ngalahin harga yang selangit. Terlepas dari itu, emang ada harga buat pelayanan yang lebih cepet).




Gimana rasanya naik pesawat pertama kali?

Sedikit khawatir, excited, seneng, bangga, semuanya nyampur jadi hal yang bikin lebih banyak diem (karna agak ngeri ngrasain turbulensi pertama kali, hhe. Di atas, kamu jadi tau, semua hal yang kamu lihat di bawah itu kecil, kedengeran sedikit sepele, dan kamu cuman beneran bisa pasrah sama Allah atas hal-hal yang terjadi saat kamu disana). Hal yang diharepin akhirnya kecapai. Kedengerannya mungkin agak cupu ya, tapi nggak semua orang dikaruniai bisa naik pesawat dalam hidupnya (jadi even itu menurut beberapa orang sepele wajib disyukuri).

Ibu saya – sampe detik ini di sebelah saya yang sedang mengetik tulisan ini sama sekali belum pernah bepergian pake pesawat. Meskipun di umur segitu ibu saya juga sering maen, tapi konteksnya jauh beda. Di umur saya yang 22, saya udah bisa naik pesawat dan pake duit sendiri itu hal yang membanggakan dan membahagiakan. (Buat pertama kali di hidupnya, ibu saya akhirnya bakal naik pesawat ke satu-satunya tempat yang terus didoakan bareng bapak. Semoga bapak ibu saya selalu dalam perlindungan Allah dan diberikan kemudahan Kesehatan. Aamiin)

Balik lagi ke jawaban pertanyaan, karena pergi bareng temen-temen, pengen banget cerita ke yang lain kalau saya for the first time naik pesawat – tapi keinginan saya ngomong - kalah sama takut diejek temen-temen. Akhirnya sampai sekarang cerita ini saya simpen sendiri dan baru saya sampein di tulisan ini. abis balik dari bali, saya ke papua, makassar, Jakarta, bangka Belitung dan banyak. Semua tujuan saya dimudahin dan dikabulin Allah, dan untuk itulah salah satu tujuan tulisan ini. saya pingin bersyukur.

Nengok ke belakang lagi, dari perjalanan itu, sudah nggak keitung berapa kali saya naik pesawat. Entah itu perjalanan liburan pribadi, dinas, atau kegiatan lain bareng temen-temen. Mulai dari yang bayar sendiri atau gratisan semuanya. Mulai yang sehat sampe yang sakit sampe teler di pom bensin.

Apa pelajaran yang bisa kamu ambil dari sini?

Yang saya syukuri dari situ, tidak semua hal kecil semacam ini bisa dinikmati dan disadari orang lain. Mungkin saya salah menyebutnya hal kecil (yang bisa jadi menurut orang lain hal besar, dulu saya juga menganggapnya berkah besar), tapi dari situ saya ngambil kesimpulan – asalkan ada tujuan, kamu bisa mewujudkan apapun yang kamu harapkan. Se-simple itu pelajaran dari naik pesawat.

Lagipula, kecuali kalian kaya banget – kalian nggak akan bisa sembarang naik pesawat kalau nggak punya tujuan.

Selain tujuan, sama kayak kalian percaya pilot yang akan nganterin kalian kemanapun tujuan kalian dengan aman – penting buat kalian YAQIN sama yang punya hidup dan menghidupkan kita. Dengan 2 hal tadi, kita bisa nglakuin semua hal yang sebelumnya kita harapkan. Semoga semua tujuan baik kita dikabulkan. Amiin.

 

 

 

Best Regards, Latifa Mustafida

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung.

Latifa Mustafida