REVIEW PAKET TOUR BELITUNG MURAH



Agenda ke Belitung udah masuk list tahunan yang entah kapan kudu dilaksanakan, dan yak karena berkah refund tiket Lombok sedang berduka, hamdalah Trip Belitung akhirnya tercapai. Setelah cek harga tiket pesawat, beli lewat traveloka – hal paling penting lainnya buat menghemat budget adalah (ini opsi doang buat kalian yang nggak suka solo travelling dan bikin agenda sendiri harus begini begitu ngatur waktu segini segitu yaitu .. ) SEARCHING PAKET TOUR TERMURAH DAN TER-RAMAH. Heheh

Saya yakin sebagian dari kalian sudah sangat diuntungkan dan bersyukur dengan adanya paket murah bertebaran dimana-mana, yang paling utama pasti lewat instagram sih ya. Pake bekal kuota, dan hesteg paket Belitung murah, banyaaaak banget paket tour yang bisa kalian review – mulai dari hotel bintang tiga, sampe hotel bintang TOEDJOE, yaa walaupun sebenernya paket itinerary yang ditawarin ke Belitung hampir sama menu dan lokasinya,

Yang beda apanya dong? JELAS PASTI HARGANYA.

Yang pertama saya nemu paket harga sejutaan lebih, saya coba tanya, nama dan bentuknya banyak di instagram sama gugel, saya kontak - cek paket itinerary dan lain-lain. Oke masuk list dulu, cari yang lain.

Yang kedua, saya liat iklan paket murah Belitung 3 day 2 night CUMAN 500 RIBU DOANG. Begitu kata iklannya, betapa naifnya saya liat iklan begituan langsung kontak nomer yang ada. TERNYATA itu pake syarat, harus minimal puluhan orang. PADAL DI IKLAN GAK TERTULIS ADA SYARATNYA, pas ditanyain ke adminnya – eh adminnya sengak – tambah gak respek lah saya. Oke coret.

Yang ketiga, temen saya utak atik di gugel – ganti keyword PAKET TRIP MURAH, BELITUNG MURAH, PALING MURAH, YANG PALING PALING MURAH, belum ada yang cocok – utak utik lagi, dan hamdalah – kita dapet paket 3D2N CUMAN 795 K.  




Kita pake paket INDORIBU Travel namanya, coba aja search instagram atau gugel. Layanan ini terpercaya karna saya sudah jadi buktinya. Mulai dari jemputan bandara sampe anter bandara lagi. Jadi transport ke bandara udah aman itungannya. Irit. Wkwk (jangan lupa, bandaranya namanya H.A.S HANANDJOEDIN, Semoga bener ejaannya. Ehhe)

Harga segitu udah lumayan kalau kita gak terlalu focus soal kamar hotel dan pelayanan guidenya harus gimana gimana. Saya bilang lumayan karena, hampir semua paket nawarin harga sejutaan lebih dengan lokasi dan menu yang sama. Oke mungkin makanan yang disediain mereka lebih enak dan mahal, semacam versi seafood lobster super gede atau kepiting dengan isi full.

Makanan kita? B aja. saya gabisa bilang itu gaenak, lauk telur juga gajadi masalah. Tapi karena saya focus ke perjalanan maksimalnya, bagi saya asal ada makanan, transport aman, hotel AC dan kamar mandi beres – saya nggak banyak complain.

Mau tau ulasannya kemana dan apa aja? Oke see,

1.       15 tujuan
Tujuan di Belitung apa aja sih? Dengan tata letak kota yang gak gede-gede amat, Belitung terkenal karena film lascar pelangi itu emang menonjolkan wisata yang itu-itu aja,



-          Pantai dengan batu-batu gede persis kayak di pilem laskar pelangi
Masalahnya semua pantainya emang ada batunya segitu semua, jadi anggep aja semua pantai bagus sama viewnya yang jarang-jarang ada di jawa

-          Mie atep sama kopi kongdjie
Kebanyakan paket tour pasti nawarin ini, sarapan mie atep yang menurut saya rasanya kalo dikasih kecap hampir sama kayak mie ayam yang kuahnya agak kentel lembek gitu. So far enak karena laper, bedanya cuman dikasih daun doang alasnya. Trus kita diajakin ke Kafe citarasa Belitung, kongdjie, modelnya tua. sengaja gak di upgrade biar keliatan tuanya dan eksotis mungkin kata yang pas. Mau cina kek, pribumi, semua nyampur, polisi atau nganggur.

-          Rumah ahok, rumah keong, rumah adat, rumah warga wkwk
Terutama rumah ahok sih, boleh dimasukin kalo ada penghuni asli rumahnya. Sayangnya saya kurang beruntung pas dateng kesana cuman ada penjaga toko oleh-oleh sama satpamnya yang nyambi jual akik. Hehe
Kenapa saya bilang rumah warga? Sepanjang jalan, yang keliatan emang rumah warga. Belitung ini masih sepi, kemana-mana lengang, bayangin se syahdu apa jogja atau Jakarta yang begini.

-          Klenteng dewi kwan im, wihara,  
Banyak banget cina disini, temen saya yang cina keturunan majalaya sampe disapa orang cina Belitung di warung kopinya. Ngobrol dan ngebaur. Gak ada masalah, makam cina? Banyak banget juga. Yang punya hotel yang saya pake? Cina juga. Itulah kenapa klenteng atau wihara banyak disini, lagipula, desainnya bagus juga sih buat lokasi foto.

-          Museum kata andrea hirata
Buat kalian yang suka kata-kata atau penggila sastra, boleh lah masuk. Tapi karena harganya yang 50ribu, saya jadi lebih tertarik sama warna pintu dan jendelanya. Tanpa perlu masuk ke rumah katanya, saya tetep bisa foto di depan pintu masuknya hhe

-          Danau kaolin
Dari atas pesawat, kalau kalian merhatiin di Bangka Belitung bekas tambang timah emang banyak banget. Nah galian ini kalo udah nggak dapet hasil ditinggalin. Untungnya lokasi yang ditinggalin ini ada yang bagus, jadilah danau kaolin. Saya sempet cek foto lama di danau kaolin yang belum dipagarin, fotonya masih bisa kece. Eh sekarang udah dipagerin kayu yang ga begitu rapih, jadi hasil foto kurang memuaskan.

-          Sekolah muhammadiyah gantong
Yang menarik dari tempat ini mungkin storynya gimana andrea hirata akhirnya bisa ngecapai mimpinya sekolah di luar negeri. Selebihnya, kalau nggak ada arti, sekolah ini cuman bakal jadi gedung yang nggak menarik. Kursi tua, bangunan tua, dan sumpah panas banget kalo siang. Hampir saya nyesel kenapa saya harus ke lokasi ini siang-siang, meskipun begitu, saya menghormati setiap sejarah special tiap manusia.

2.       Makan 2x sehari
Paket tour ini udah ngasih makan 2x sehari, yang pertama udah include hotel, yang kedua nasi kotak pesenan. Yang bikin protes adalah sarapan hotelnya bukan nasi. Secara saya anak desa banget yang perutnya rewel kalo ga dikasih nasi, jadi beginilah. Bukan salah mereka juga sih, salah satu temen kenalan baru saya bilang, review di gugel soal hotelnya – sarapannya emang gorengan dan teh, jadi semacam coffee break yang dipaksain dari pagi.
Yang perlu dicatet, untuk urusan paket tour – kalian bener-bener harus cek dan nanya soal review hotel kek, itinerarynya gimana kek, dan sebagainya. Terutama buat kalian yang ribet, tukang complain, dan gabisa idup di tempat baru. Tanya dan KROSCEK itu NOMER SATU.

3.       Hotel bisa di upgrade
Karena saya gak rewel soal hotel, asal kasurnya empuk dan nyaman ngapa-ngapain mah saya oke. Lagipula waktu travelling waktu kita bakal abis di luar ruangan, paling hotel cuman buat ngetem baju kotor, tas, sandal dan tidur malem yang cuman beberapa jam – jadi hotel bukan priority namberwan. Untungnya, nih hotel walaupun saya pake paket murah, udah ada wifi TV dan ac kenceng. Betapa bersyukurnya saya wkwk

NAH, beberapa temen saya yang gak sesuai sama pesenan akhirnya upgrade sendiri pindah hotel. Layanan ini nggak masuk layanan paket tour sih, dan terkesan agak lama -

4.       Kacamata snorkelling
Waktu trip ke pahawang, harga paket tour ternyata exclude kacamata renang dan kaki selam. Disini eh dikasih kacamatanya. Udah INCLUDE. Karena kebanyakan wisata emang nawarin snorkelling, rugi kan ya kalo tiba-tiba kudu nambahin 50 ribu buat sewa kacamata doang, bisa buat makan siang atau oleh-oleh partner kantor.

5.       Guide sekaligus fotografer (UDAH BIYASAK)
Walaupun agak slengekan, gak ontime, tukang ngece dan becandaannya agak receh, mas – mas sopir yang sekaligus guide nya mayan pinter ambil foto dan editnya. Lumayan kan, sekali dayung gratis foto. Wwkwk

6.       Paling UTAMA #RAMAH!
Saya paling ngutamain keramahan buat paket tour beginian, mau dalih murah dan atau apalah – paket pelayanan jasa apapun emang harus ramah. Itu wajib. Karena jasa yang dijual muka ramah sama mulut manisnya, hehe. Hebatnya walaupun team paket trip udah kelar hampir 2 minggu lalu, grup masih aman-aman aja, relative nyambung dan deket karena mas guidenya baik dan ramah.

Kekurangannya,
            Nih catet, saya bukan bagian dari marketing nih paket tour. Sebagai pengguna jasa ini, boleh dibilang kekurangannya adalah, masnya nggak sesuai schedule yang udah diatur. Jadwal seenak-enak dia aja, untung se team enak dan menyesuaikan – karena sikon juga agak ujan sih.
Terus Beberapa lokasi wisata yang udah ada di paket nggak didatengin malah sama guidenya, alesannya viewnya nggak bagus. Padahal kalo dipikir-pikir, dia bisa bilang nggak bagus karena kesitu-situ mulu, nah buat pelancong baru – ya pasti nggak ngertilah ya. Wkkw


Buat yang tertarik pake paket ini, murah dan total, saya share in nomer guidenya deh,
namanya mas HERI 081929500093
buat kalian yang mau solo travelling juga bisa kok, cukup sewa motor atau mobil udah enak. Lokasi di Belitung nggak terlalu gede, Cuma ada 2 lokasi kebagi, Belitung timur sama barat. Jadi saya yakin kalian bisa nge trip sendiri dengan budget lebih murah, yang perlu diwaspadain cuman kapal buat nyebrang sih karena kalau nggak pinter nawar pasti kena harga lebih mahal.

Salam jumat