BIAR GANTIAN ALLAH YANG KERJA


Mungkin kamu seringkali tidak percaya bahwa rejeki kamu sudah diatur jauh-jauuuuh hari. Nggak cuma materi, jodoh kamu siapa, umurmu berapa lama, nasibmu gimana. Semua udah ditulis disana, di lauhul mahfud. Besar kecilnya, banyak sedikitnya. 

Apa dulu saya yakin dan percaya 100% ? Enggak. Pikiran saya dulu sama piciknya. Sedikit-sedikit khawatir, ini itu gelisah. Ga percaya kalo rejeki kita udah ada yang atur, padahal mengkhawatirkan persoalan rejeki dari Allah termasuk suatu dosa.

Sufyan bin uyainah rahimahullah berkata, “kekhawatiranmu tentang akan rezeki esok hari akan dicatat untukmu sebagai suatu dosa”. (Siyar al a’lam an Nubala’ 14/208)




Saya seringkali sanksi gimana saya bakalan nyukupin kebutuhan ini, darimana ya nanti datengnya, cukup apa engga, kalo kurang gimana, kudu dimana nyarinya, dst sampe-sampe kepala bunek dan tetep aja ga ada jalan keluar. Kekhawatiran itu makin parah dengan kita yang ga yakin sama Allah, udah ga yakin, duit ga ada, hati  gak tenang, pikiran makin ruwet. Lengkaplah sudah semua keluhan itu bikin penyakit di badan. 

Udah badan sakit, dicatet dosa lagi. Hehe.

Saking takutnya gaji ga nambah, ga ada bonusan, ga ada ekstra ini itu, sampe-sampe saya lebih sibuk ngerjain berkas, sibuk di depan komputer liat dokumen berjam-jam dibandingin berdiri – wudhu, sholat. Ngedatengin Tuhan, mintak sama yang punya idup, bersyukur karena masih dikasih idup.

Tapi pikirin lagi deh, apa mungkin selama ini kita bisa hidup hanya dari gaji?



Engga. Jangankan saya, orang pinter juga ga akan pernah paham cara kerja Allah soal rejeki. Rejeki itu kewenangan Allah. Jadi udah gausah ikut campur. Paling gampangnya? Doain dan usaha aja. Nanti juga ketemu jalannya. 

Kamu memutuskan kerja 24 jam dalam 1 hari belum tentu hasilnya akan lebih banyak dibanding mereka yang kerja cuma 8 jam, atau 3 jam dan sisanya jalan-jalan. Belum tentu. Kamu mau mati-matian belain kepentingan bosmu, ngelarin pekerjaan yang gak kelar-kelar demi urusan kantormu itu belum tentu bakalan lebih cepet kaya dibanding mereka yang santai aja keliatannya. Urusan ini gak semudah satu tambah satu yang hasil akhirnya dua. Ini gak semata-mata urusan rasional atau nalar kita yang terbatas.

Tolak ukurnya gampang, coba deh itung berapa keperluanmu selama satu bulan, kemudian pikirkan hasil akhirnya. Coba pikir lagi, warung atau kantor yang terasing-terpojok-ter ndeso banget bisa rame banget walaupun tanpa sinyal, tanpa ngiklan, tanpa strategi marketing handal. Itu salah satu bentuk cara kerja Allah yang kita ngga ngerti. Apa kriterianya, gimana seleksinya.

Apa ya masuk akal?
Enggak.
Idup kita juga  nggak rasional.

Karena sama nggak rasionalnya, tenang aja. Rejeki kita bakalan ngejar kita, sama kayak mati. Gakbakal kelewatan. Allah yang membolak balikkan hati manusia mau lari kemana. 

HR Thabrani, dalam hadistnya, “sesungguhnya rejeki mengejar seorang seorang hamba sebagaimana ajal mencarinya.”

Kantormu lokasinya kurang strategis, tiba-tiba ada telpon mendadak dari temen yang baru kenal bilang butuh bantuan. Kamu lagi butuh duit, tiba-tiba ada proyekan dan utangmu kebayar. Kamu lagi butuh uang buat syukuran, tiba-tiba ada order dadakan. Banyak lagi contohnya yang kalo kamu mau sadarin bikin takjub. Pintu mana itu yang bisa kita duga ? gak ada.

Sama kayak mati, gakperlu kamu khawatirin soal rejeki. Udah ada jatahnya. Udah ada porsinya. Bukan tugas kita memusingkan ini itu soal rejeki. Bukan bagian kita ngekhawatirin ini itu soal cara kerja Allah nyukupin hambanya. Bukan kewenangan kita ngekhawatirin soal uang, jodoh, umur. Soal ini, Allah cuman bilang, Allah nggak akan menelantarkan hambanya. Allah bakal selalu mencukupi kebutuhan hambanya.

“Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah datangnya.” (QS 16:53

Allah cuman bilang, yang nggak mengupayakan kebaikan untuk dirinya sendiri – maka dia bakalan merugi. Maka setelah semua kebaikan dan kemudahan yang kamu terima, tugas kita selanjutnya harus meneruskan kebaikan itu ke orang lain. Itu bentuk syukur atas kemudahan yang Allah kasih. Kalo ada yang butuh bantuan, bantuin. Kalau udah dipanggil sama Allah hentiin kerjaan, yuk wudhu, siap-siap jamaah. Udah dipanggil sama Allah. 

Sama kayak anak sekolah yang pingin hasil ujiannya bagus, kewajiban mereka adalah belajar. soal hasil akhir, karna udah tawakkal yaudah. serahin semua ke Allah. Kewajiban kita cuma sebatas apa yang bisa kita usahain. ga ada yang lain lagi.

 yang paling rasional dari rumus rejeki Allah adalah, kalo kamu ngupayain yang terbaik - hasilnya nggak akan dikasih jelek. saya inget banget ceramah ustad adi hidayat soal rejeki, kalo tiap kali dipanggil Allah kamu langsung siap. tinggal cus laksanakan. gimana mungkin Allah bakal nglupain kamu, nggak mungkin kan ? 

jadi yuk, Kerja yang baik, disiplin, jangan males, tunjukin semua upaya terbaik yang bisa kita tunjukin. Ibadah ditambah. Sedekah dibiasain. Ringanin badan buat bantuin orang-orang. Lakuin hal baik yang kamu tau. Kamu akhirnya bakal sadar, percaya sepenuhnya sama Allah itu berarti – berusaha yang terbaik urusan dunia, dan beribadah terbaik buat akhirat. 

Kalau sewaktu-waktu kamu balik lagi khawatir soal ini, inget-inget kalimat Hatim Al Ashom ini  “aku tahu rizkiku tidak akan dimakan orang lain, maka akupun menjadi tenang.” (Hilyatul Aulia 8/73)

Kalo semua udah kamu lakuin, jangan khawatir lagi, jangan suudzon sama Allah. Al Hasan bin ali bin abi thalib ra berkata,


“Barangsiapa yang bersandar kepada baiknya pilihan Allah untuknya maka dia tidak akan mengangan-angankan sesuatu selain keadaan yang Allah pilihkan untuknya. Inilah batasan sikap selalu ridha terhadap semua ketentuan takdir dalam semua keadaan yang Allah berlakukan bagi hamba-Nya.” {Siyaru Al Alamin Nubala 3/262}

Dont worry, biar giliran Allah yang kerja :D