6 Waktu Mustajab Doa

            Beberapa temen-temen mungkin belum tau, kapan saja sih waktu mustajab doa? Meskipun banyak sekali cara dan waktu yang disarankan unntuk berdoa dan ada banyak media untuk menyampaikan harapan serta keinginan kita – supaya lebih mudah, saya akan meringkasnya menjadi  6 waktu mustajab doa.

         Kapan saja waktunya? Yuk check this out!

1.     Sedekah subuh

Setidaknya ada 7 keutamaan sedekah di waktu subuh, meskipun semua waktu sedekah dapat memudahkan pengabulan doa, menurut Syekh Ali Jaber – waktu subuh adalah salah satu waktu yang paling utama untuk mengeluarkan sedekah ? 

Ini alasannya. tercantum dalam Hadist Riwayat Bukhari 5 : 270, Nabi Muhammad SAW bersabda : "Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka 2 malaikat. Salah 1 diantara keduanya berdoa: "Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak" ... ."

         Itu berarti jika kita sedekah di waktu subuh, ada malaikat khusus yang akan mengamini doa-doa kita sehingga seluruh pengharapan kita akan lebih mudah dikabulkan Allah. Meskipun begitu, wajib bagi setiap muslim  untuk bersedekah di waktu kapanpun dan dalam keadaan apapun.




 

2.    Setelah selesai adzan

Adzan merupakan panggilan agung yang dikumandangan untuk menunaikan shalat. Di dalam adzan terdapat banyak keutamaan, apalagi jika kita mau berhenti mendengarkan dan kemudian membaca doa seusai adzan berkumandang.

Dalam salah satu Hadist Riwayat Ahmad disampaikan bahwa, “Sesungguhnya doa yang tidak tertolak adalah doa antara adzan & iqomah, maka berdoalah (kala itu)” .

Akan sangat baik bagi kita untuk mengamalkan ini. tidak hanya karena telah diperjanjikan oleh Allah, namun lebih banyak keutamaan lain seperti mendapat syafaat nabi Muhammad, memberikan ketenangan hati & memudahkan melaksanakan amal shaleh lain.

 

3.     Pada waktu membaca alfatihah saat solat.

Menurut Ustadz Adi Hidayat & Syekh Ali Jaber dalam ceramahnya, salah satu waktu penting yang  kalian tidak boleh mengabaikannya karena ada kurang lebih 17x kita membacanya dalam 1 hari. Yaitu ketika sholat, pada saat membaca al-fatihah.

Apa dalilnya ? Hadist Riwayat Muslim : 904 menyatakan bahwa apabila Hamba-Ku membaca Iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'in”, Allah berkata: "Ini antara Aku & hamba-Ku dan untuk hamba-Ku apa yang ia minta".

Selepas membaca “Iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'in” jangan lupa dalam hati menyampaikan apa hajat kita, apa keresahan kita, keinginan kita, seluruh kegelisahan kita. Kenapa? Karena sesungguhnya waktu shalat adalah waktu khusus yang diberikan Allah untuk membantu menyelesaikan masalah kita. Jika solat kita benar bacaan, benar seluruh proses dan khusyuk, maka janji Allah insya allah akan dikabulkan.  

 

4.    Pada saat sujud

Nasihat ini sangat sering disampaikan di banyak kajian maupun dakwah, bahwa waktu mustajab doa adalah pada saat sujud. Saya yakin banyak teman-teman yang sudah mengetahuinya. Pada saat sujud banyak-banyaklah berdoa. Nasihat ini tidak hanya dapat kita artikan bahwa “ber-lama lama lah dalam sujud untuk berdoa”, tapi juga dapat berarti bahwa perbanyaklah sholat fardhu maupun sunnah agar doa mu terkabul.

Disampaikan dalam Hadist Riwayat Muslim nomor 479. Rasulullah SAW bersabda, “Adapun ketika ruku’, agungkanlah Allah. Dan ketika sujud, maka bersungguh-sungguhlah dalam berdoa, maka doa tersebut pasti dikabulkan untuk kalian.”

 Jangan lupa untuk menambahkan doa pada saat sujud dan rasakan sendiri manfaatnya!


5.    Sebelum salam

Dalam Kitab Fiqhul Islam wa Adillatuhu jilid 2, Syekh Wahbah Az-Zuhaili memberi nasihat bagi kita untuk membaca doa sebelum salam karena merupakan salah satu sunah salatDoa yang paling sering disarankan adalah doa agar diberikan perlindungan mengenai hal-hal yang sangat penting bagi kehidupan kita baik dunia & akhirat. Salah satu doa yang diriwayatkan dalam Hadist Imam Muslim,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِوَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Doa ini sendiri saya dengar dari bude saya sejak lama (semoga jadi amal ibadah beliau karena saya juga mengamalkannya). Doa ini mengharapkan agar kita dapat terlindung dari kerasnya siksa neraka Jahannam, dari adzab kubur, fitnah hidup & mati serta dari buruknya fitnah dajjal. Semoga kita dapat terhindar dari ke-4 hal tersebut aaamiin.

 

6.    Selesai membaca Al-Quran

Dalam kajian Syekh Ali Jaber yang saya dengar di youtube, saya lupa apa tepatnya judulnya. Menurut beliau banyak sekali waktu yang harus kita perhatikan agar doa mudah terkabul. Apa saja dan bagaimana ? Hal paling mudah adalah dengan cara terus melakukan amal shaleh. Setiap kali melakukan amal shaleh jangan lupa berdoa – karena amal sholeh merupakan sedekah bagi  diri sendiri & kemungkinan dikabulkan lebih besar karena itu hal yang disukai Allah.

Selain itu, ada lagi waktu khusus yang disarankan oleh beliau – yakni seusai membaca Al-Quran. Seperti kita ketahui, Al-Quran adalah kitab suci yang diturunkan sebagai petunjuk bagi manusia. Dengan membacanya kita akan mendapat petunjuk, syafaat, perlindungan, ketenangan, kebaikan, kemudahan & kebahagiaan dalam menjalani kehidupan.  

Dalil pendukungnya diriwayatkan Imam Ad-Darimi, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa telah membaca Alquran kemudian dia berdoa, maka ada 4 ribu malaikat yang mengaminkan doanya.” Nah, dengan keutamaan tersebut, kita tidak akan mengabaikannya bukan?

 

Itu tadi 6 waktu mustajab doa ya teman-teman. Dengan mengetahui keutamaan tersebut, semoga saya dan kalian bisa istiqomah mengamalkannya. Semoga bermanfaat & selamat dunia akhirat. Aamiin

 

Best Regards, Latifa Mustafida

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung.

Latifa Mustafida