Gunung Andong Grabag Magelang


Kita ini newbie. Anak baru. Yang masih unyu-unyu. Dan buat saya pribadi, ini first time saya mau-maunya diajak naik gunung yang sebenernya bukan gunung banget juga. Dibanding sama merbabu, semeru, merapi atau sodaranya itulah – apa sih gunung ini. Cuman 1726 Mdpl. Paling cuman secuplik. Tapi karena cuman secuplik inilah saya akhirnya nggak banyak pertimbangan buat nyetujuin gabung sama mereka. Awalnya saya juga bukan anak dolan juga, saya ini lebih dominan suka di rumah. Yang males kepanasan. Yang pake helm bentar doang udah pusing, dan nggak bisa mbaca jalan – apalagi peta. Buta banget. Maka saya mengiyakan asal ada boncengan.

Sebelumnya kita cuman nggabung karna suka main. Yang tiap kali ada tanggal merah udah punya rencana panjang aja mau kemana mau kemana. Didaftar mulai dari yang dalam kota sampai luar kota. Dari yang kantong tipis sampe agak tebel. Maklum, background yang semuanya anak kost dan mahasiswa emang bikin kita perhitungan biaya dan waktu yang kurang cucok selain weekend. Mungkin lain kali bakal jadi judul yang lain tulisan kami yang sempat ke pulau sempu Malang, jatimpark, tebing breksi dan candi ijo kalasan, snorkeling di pantai nglambor, dan episode get lost yang lain.

Saya tipe yang lebih suka menghabiskan waktu sama keluarga, dulunya. Makan bareng. Liburan bareng. Dan ngapa-ngapain bareng. Karena alasan utama, biaya lebih terjamin. Alasan yang kedua, mbah saya dulunya emang agak ribet. Tapi sekarang orang tua saya jadi lebih ngebebasin saya asal tanggung jawab. Dan itu selepas saya tamat sarjana strata satu. Kata ibu saya, boleh main – asal semua muanya imbang – dunia sama akhiratnya. *Duh berat.

11 april 2015. Hari sabtu. Selepas pulang kantor,  berangkatlah saya dan 8  orang temen saya naik motor. Saya pikir badan saya ini udah paling ampuh dan kuat aja buat naik ke atas, walaupun rasanya memang saya agak ragu dan capek karena beberapa waktu sebelumnya jadwal padet. Tapi ya apa mau dikata, janji tetep janji. Kurang lebih 2 jam ngebut, dan isya sampailah kita ke basecamp pendakian gunung andong yang masya allah juga ramenya. Duh, apa daya kitanya selalu bisanya malem minggu aja.




2 jam pendakian. Jalan yang nggak ada landainya. Nanjak terus. Badan yang nggak fit. Celana jeans agak ketat. Sepatu bukan sepatu ndaki. Duh, di awal naik – nafas saya kayak mau habis saking nggak pake pemanasannya. Belum lagi kita naik malem dan temen-teman saya justru nyanyiin lagu dangdut pake suara stereo, saya yang baru pendaki awal ini, cuman bisa komat-kamit baca ayat kursi saking takutnya kena ganggu di jalan. Belum lagi waktu itu memang lagi rame berita orang hilang di gunung, yang jatuhlah, yang karena foto di puncak atau apalah itu, pantes dong saya jadi komat-kamit.

Sampai di atas, benarlah, lokasi memang padet banget. Tenda dimana-mana. Di punuk unta di ujung sana sampai ujung sejauh mata memandang emang udah dipake orang. Yang akhirnya kita dapet lokasi tepat di samping makam. Duh, syerem. Awalnya saya takut. Tapi karna saking capeknya sampai di atas, tenda udah berdiri, saya udah langsung tidur aja. Dan zonk! Hujan. Haha. Tenda kita bocor.

Kabar bagusnya, dengan badan yang capek tadi – dingin – dan bocor tadi, view paginya bagus banget. Nggak kalah bagus dibanding gunung yang tinggi-tinggi lain. Saya masih bisa liat lautan awan disana. dan masih nafsu banget foto-foto sampe berjam-jam, yang kesemuanya memang hampir begitu. Jeprat jepret.

Saran saya buat yang mau ndaki gunung andong, kalau nggak mau terlalu ramai – jangan ambil hari weekend. Karena andong jadi pilihan utama bagi pemula dan yang sibuk-sibuk gabisa nge planning pendakian jauh. Maka Gn. Andong ini cukup jadi primadona buat pemula. Adik saya saja, seharian sekaligus naik turun. Dan satu lagi, jangan pake celana ketat – apalagi rok ribet. Heu.

Dan yang terakhir, jangan pikir dengan perjalanan semacam ini kita anak yang suka foya-foya. Cuman main aja. Bagi saya, dengan mau mengenal keindahan di luar, keindahan di dalam akan semakin nampak. Nambah teman. Dan lebih bersyukur atas apa yang sudah Tuhan berikan. Belum lagi, ternyata – setidaknya saya tau – tubuh saya diberikan kesehatan yang berlimpah oleh Tuhan di atas sana. Jadi, selagi masih sehat, masih ada waktu, dan uangnya – mau kemana lagi kita?


Salam dolan. 




Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung.

Latifa Mustafida