Yok share buku bagus pilihanmu





Buku apa yang paling berkesan di hidup kalian? Buku yang menenangkan, mengembalikan semangat dan gairah hidup? Buku yang menambah kesadaran berperilaku?

Tipe puisi nyastra? Novel ? motivasi? Atau malah Biografi?

Kalau ditanya pertanyaan seperti diatas, setiap orang pasti punya jawaban yang sangat beragam. Bisa saja dia menjawab buku favoritnya adalah kitab Alquran. Atau injil. Dan sebagainya. Buku yang selalu jadi rujukan dia ketika kehilangan semangat, bahagia, atau sedih sekalipun. Intinya, buku itu termasuk dari salah satu 7 keajaiban di hidupnya dan jadi moodbooster seseorang.

Lalu kalimat selanjutnya adalah, buku apa aja sih yang bikin titik balik di hidup kalian? Yok share barengan disini, kalian boleh nambahin referensi buku apapun, komentar, atau ngritik pilihan saya. Postingan kali ini saya menerima komentar dan tulisan apapun untuk menambah referensi bacaan saya. 



Kalau saya ditanya seperti di atas, buku yang bikin saya nangis pertama kali adalah novelnya tere liye. Judulnya hafalan surat delisa. Diantara kumpulan orang lain yang udah terlelap di asrama, saya orang satu-satunya yang masih kejaga – dan justru nangis sesunggukan baca buku itu. Selanjutnya saya jadi naksir berat buku-buku tere liye. Saya bisa dan betah berkali-kali ngulang novel tere liye dan sekaligus terharu berkali-kali, khususnya buku rembulan tenggelam di wajahmu. (karena buku hafalan surat delisa saya tidak punya koleksi sendiri, waktu itu saya Cuma pinjam saja jadi tidak bisa dibaca berulang kali).

Buku lainnya judulnya hikmah dari sebrang. Buku ini bukan tipe novel atau cerpen. Terdiri dari beberapa judul cerita atau kumpulan kata-kata persis seperti chicken soup. Bedanya, buku ini diambil/disadur dari pengarang/penulis yang tidak diketahui. Beberapa tulisannya bahkan kesebar bebas di internet dengan gaya bahasa yang beda-beda.

Kumpulan cerpen lain yang saya suka? Filosofi kopi dee lestari. Saya nggak tahu kenapa saya bisa baca buku ini berulang kali. Tapi saya tersentil dengan bahasa dan penuturan dee lestari di kumpulan cerpennya. Seperti biasa, dewi lestari bisa bikin saya betah berulang kali sadar dan tertampar berkali kali dengan kata-katanya.

Seri motivasi? Saya paling suka tulisan Ustadz Felix Siauw di bukunya yang berjudul Master your habits. Disini, buku pertama kali Ust. Felix yang saya baca yang jauh dari unsur agama keras menurut orang. Karena selain buku ini, buku seri putusin aja dan buku lain ust. Felix jelas khusus membahas persoalan agama. Buku ini bisa saya baca berulang kali jika kesadaran saya untuk berbuat baik atau membuat kebiasaan baik sedikit pudar. Dengan bahasa yang baik dan nggak menggurui, disini ust. Felix cuman mau bilang kalau – kebiasaan bisa banget di rubah. Master your habits. Jadilah master dari kebiasaanmu sendiri. Gitu katanya.

Selebihnya? Buku-buku yang lain mungkin memang memiliki isi bagus. Tapi keistimewaannya belum saya dapat. Dari seluruh buku yang saya punya, hanya beberapa yang menurut saya paling berkesan – paling tokcer – dan membuat saya ingin menghadiahkan buku itu kepada orang-orang terdekat agar mereka juga bisa mendapat setidaknya kesadaran seperti saya.

Ah ya satu lagi. Kalian perlu baca buku karangan Muhammad Syakir judulnya Dahsyatnya bangun pagi & 7 sunah harian dari penerbit Aisar. Jangan salah sangka dulu dengan bilang saya termasuk marketing buku ini. Wkwk. Saya cuman mau bilang, buku bagus akan membawa kebiasaan bagus buat si pembaca. Dan saya rasa saya dapat kebaikan dan energi positif dari buku ini. 

Yang paling penting. Jangan lupa tularin semangat ngebaca buku. Jangan lupa tularin semangat yang kamu dapat dari buku. Dan yang terakhir, jangan lupa terus baca buku.


Jadi, buku apa aja yang bagus menurut kalian? Yok di share disini.

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung.

Latifa Mustafida