HIDUP DIANTARA TAPI


Banyak hal dilematis dalam hidup. Multi tafsir. Berhikmah. Ngebingungin. Nyakitin. Dan banyak.

Hal-hal dilematis yang gini nih yang menurut saya suatu saat bakal bikin kamu bilang bahwa idup cuman ladang pelajaran yang luaaaaasss banget. Nanti pasti kalian nemu sendiri contohnya, perasaan yang nyampur aduk, perasaan diantara tapi yang nggak leluasa kamu sampaikan, perasaan diantara tapi yang susah kamu terjemahkan. Itu cuman bakal dimengerti orang-orang mellow nan sensitive kayak saya, kalau ini memang banyak hikmahnya – saya juga berdoa kalian pernah dan bisa ngrasain hal yang sama. Amin.

Jaman muda dulu (iya saya emang tua wkkw), saya ngga pernah sebegini melankolis dan sensitive sama suatu moment. Tapi lambat laun, mungkin efek penuaan, saya ngrasa jadi tambah mellow. Semua hal jadi bikin terharu, semua hal jadi ngebawa banyak hal ke kamu.






Waktu saya dapet kabar temen saya sidang skripsi duluan, nggak tau kenapa saya nggak begitu bahagia denger itu. Yang ada, saya malah sedih ketahuan ketinggal sama temen-temen yang lain. Perasaan tertinggal, perasaan yang kenapa ya gue sedih kalo temen gue lulus? Harusnya kan seneng? Harusnya kan ikut bungah, bahagia, heboh? Kenapa malah sunyi di ati?

Kalau saya mau dan bisa jujur ke yang lain, saya pasti justru bikin mereka makin mikir saya orang aneh – gimana bisa kamu sedih di saat yang lain seneng? Gimana bisa kamu ngeposisiin diri kayak gitu sementara yang lain lagi bahagia-bahagianya nyapai sesuatu? Syukur-syukur mereka pengertian, kalo dibilang iri dengki pasti kamu tambah sakit hati. Maka karna saya nggak bisa ngebagi perasaan itu, saya cuman bisa diem, dan ternyata itu nyakitin diri sendiri.

Nyatanya saya emang sedih di atas kebahagiaan orang kok. Mau gimana lagi?

Butuh waktu lama buat nyadarin, bahwa perasaan itu nggak dateng tiba-tiba tanpa hikmah ngekor di belakangnya. Perasaan yang gitu nggak dateng Cuma-Cuma buat kamu ngrasain sedih doang. Kalo kamu bisa ngambil baiknya, pasti ada hal baik yang bisa selalu kamu ambil – bahkan dari kehilangan dan perasaan tertinggal.

Hikmahnya, saya bisa ngejar ketertinggalan itu dan lulus 3 bulan kemudian setelah mereka. 3 bulan meeen. Itu lama! Saya butuh waktu recovery segitu lamanya. Saya ngalamin yang namanya penolakan di hati, nggak mau ketemu mereka karena rasanya sakit ati, saya kudu lari ke satu hal ke hal lain lagi buat ngilangin perasaan itu. Saya sibuk ikut komunitas radio, cari part time an, saya nyari temen baru, saya ngumpulin semua referensi dan selalu nyari kesibukan baru. Selesai! Saya selesai juga dengan perasaan bersalah itu.

Satu hal yang paling bikin terharu adalah saat mereka mau ngeluangin waktu dateng ke wisuda saya, itu udah cukup bikin kamu meleleh dan sadar dalam hati, oh ternyata perasaan yang kamu rasain dulu salah – kamu nggak pernah ditinggal, kamu cuman kudu belajar dikit soal perasaan. Kecewa dikit atau sepi dikit saat ngrasa tertinggal itu ga masalah, asal kamu mau ngejar ketertinggalan.

Nyatanya, emang semua orang pernah ngrasa ditinggalkan. Jadi bagi saya, biarin aja semua orang belajar dari beberapa perasaan dan ngatasin sendiri dengan caranya. Gausah direcokin, gausah dimasalahin. Asal nggak ngrecokin dan jelek-jelekin kamu aja.

Rasanya kepala saya bilang, Ini harusnya menyenangkan, ini harusnya membahagiakan, tapi …. Ternyata di belakang kamu belajar kok. Tenang aja.

Meskipun kita berbahagia atas undangan pernikahan teman/mantan/sodara, kelahiran anak-anak yang lucu dan menggemaskan, kabar pekerjaan dan rezeki yang tidak terkira oleh suatu rekan, mereka bisa beribadah dan jalan-jalan di tempat impian, dan banyak hal lain lagi – ada satu perasaan yang sedikit nyisa di ati, kenapa ya kok gue sedikit sedih? gue kehilangan temen dong ? kenapa mantan nikah duluan? Terus gue kapan? Kenapa gue belum punya momongan? Kapan aku bisa naik haji juga ? kapan?  

Perasaan menyenangkan yang diantara tapi gini yang bikin nyesek. Kamu tau seharusnya kamu nggak gitu, kamu tau nggak bener diterusin perasaan yang gitu, tapi selalu ada aja perasaan begitu. Meski dikit, kamu pasti berusaha nyembunyiin, padahal apa yang salah dari perasaan? Saya yakin semua juga pernah ngrasain, saya yakin mereka juga sama-sama nggak bisa jujur soal ini. Akhirnya yang terbaik cuman mendoakan yang terbaik biar kesempatan baik dateng juga ke kita, sama halnya kesempatan baik di mereka.

Beberapa orang ngrasain, beberapa lain mungkin tulus turut berbahagia. Saya nggak bilang salah, saya justru mau berterima kasih soal pelajaran yang ini. Saya diajarkan bahwa soal perasaan ternyata saya punya pilihan yang sama besar, kecenderungan untuk mengambil manfaat atau larut dalam perasaan yang ngrusak.

Perasaan menyenangkan dengan tapi bukan satu-satunya yang kita alamin di hidup. Kita juga hidup diantara tapi atas hal lain.  

Nggak lama abis saya denger kabar temen saya ninggal 2015 lalu, saya nangis, saya kehilangan. Sedih. Nggak bisa dijelasin gimana sedihnya – tau tau saya nangis nggak bisa berhenti. Saya ngumpulin gimana caranya bisa kesana, ngumpulin temen, siapa yang bisa anter, ngumpulin sumbangan, persiapan, dan akhirnya saya bisa datengin makamnya. Sampe rumah terakhirnya itu, ibuknya cerita sambil nangis nggak berhenti. Makamnya masih anget. Saya nggak bisa buat nggak ketularan nangis juga.

Ini sedih rasanya, tapi saya liat keikhlasan ibuknya, tapi saya liat temen-temen lain yang beneran sayang dia, saya liat kebaikan-kebaikan yang ngiringin kepergian dia. Kalo kita mau ngamatin, dalam setiap kematian, kita pasti ketemu sama orang lama yang nggak pernah ketemu. Mereka yang pernah nyimpen kenangan datang. Itu berarti setiap kematian punya peluang menghadirkan seseorang, kematian seseorang bisa jadi ajang pertemuan.

Ini hal baik dong. Silaturahmi. Kita juga disuruh inget mati.

Begitu juga dengan kehilangan. Mungkin menyedihkan, tapi, selalu kita bisa belajar sesuatu hal. Lagipula, kita selalu hidup diantara tapi, dan diantara tapi dalam hidup –  kita punya pilihan yang baik untuk terus hidup.

Jadi kalau suatu saat kalian ngrasain ini, oke ini menyedihkan, ini menyenangkan – tapi pasti ada yang bisa kalian banggakan.