TERAPI BERPIKIR POSITIF : RESENSI BUKU

Judul               : Terapi berfikir positif (Biarkan Mukjizat dalam diri anda melesat agar hidup        lebih sukses & lebih bahagia)

Pengarang      : Dr. Ibrahim Elfiky

Penerbit           : Penerbit Zaman/2014

Halaman         : 346 lembar

           

Buku ini pernah saya baca di awal umur 20 atau sewaktu lulus Aliyah. Seingat saya, saya pernah membelinya dan membacanya sampai habis – tapi karena alasan mubadzir dan tidak dibaca ulang saya lupa dimana buku ini berakhir dimana, entah di perpustakaan masjid atau tempat lain yang sudah saya relakan untuk disumbangkan. Harapan saya, semoga buku itu akan lebih berguna untuk orang lain yang akan membacanya.




            Akhir tahun 2023 saya melihat buku ini dengan sampul putih bersih di rak buku saudara saya. Iseng-iseng mengambil karena sedang butuh pengalihan untuk menghilangkan pikiran buruk sambil menunggu keponakan, judul ini sangat pas mengambil minat mata saya.

Ada 1 pepatah yang bilang, "Buku lama adalah buku baru bagi mereka yang belum membacanya". Meskipun tidak baru dan pernah membacanya, ketika membacanya ulang – buku itu persis seperti buku baru di hadapan saya, dengan pikiran saya yang telah benar-benar baru dari pertama kali saya membacanya. Diantara tahun-tahun yang telah terputus, saya benar-benar lupa apa isinya, yang tersisa – hanya itu sepertinya buku bagus dengan tambahan international best seller pada sampulnya.

Saya membelinya Kembali, melihat-lihat isinya, dan saya bersyukur memiliki buku ini Kembali di rak koleksi saya. Terdiri dari 5 bagian, 1) kekuatan pikiran, 2) berpikir negative, 3) berpikis positif, 4) strategi berpikir positif, dan terakhir 5) 10 wasiat berpikir positif – kalian bisa membacanya secara acak atau berurutan. Tidak ada aturan pasti untuk membacanya, kalian bebas membaca judul manapun yang sedang sesuai situasi kalian.

1 hal pasti tentang buku ini, buku ini memberikan solusi saya dari segala pikiran buruk. Tentu saja hal tersebut harus dilatih dan tidak dapat langsung dipraktekkan kecuali kalian memiliki keteguhan hati. Segala saran yang diberikan buku ini sangat realistis dan aplikatif sejauh kalian mau mencobanya. Salah satu saran dan nasehat yang diberikan adalah, jangan fokus pada masalah – tapi fokus pada Solusi. Dengan mengingat 1 hal saja saya bisa menghindari berbagai hal yang tidak nyaman, misalnya saja rasa marah dan sebal yang tidak terkontrol. Dengan 1 hal tadi saja, saya bisa dengan mudah merubah raut muka dan persepsi saya dari mengeluh menjadi mari pikirkan yang bisa kita lakukan.

Ada banyak saran yang bisa kalian baca dan ambil dari buku ini, lain waktu akan saya tuliskan dalam blog saya dan semoga membantu kalian yang sedang mencoba mencari Solusi untuk memperbaiki kehidupan.

Akhir kata, "Membaca buku untuk pertama kalinya seperti berkenalan dengan seorang teman baru; membacanya untuk kedua kali seperti bertemu dengan teman lama." Sepertinya saya sudah bertemu teman lama yang sangat mengerti diri saya. Selamat membaca! Baca juga buku pengembangan lainnya disini The Things you can see when you calm down

 

Best Regards, Latifa Mustafida

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung.

Latifa Mustafida