MATERI UKEN (UJIAN KODE ETIK NOTARIS) 2023

oleh : Latifa Mustafida

Sama seperti pelaksanaan UKEN 2017, dikutip dari Website resmi ikatan Notaris Indonesia, pengurus pusat INI mengadakan UKEN secara serentak di Jakarta pada tanggal 27, 29, 30 Mei 2023 tepatnya di Hotel Sahid, Jakarta. Keputusan ini diambil dari hasil rapat per tanggal 05 Mei 2023. Kuota dalam pelaksanaan periode ini kurang lebih dikhususkan bagi 2000 ALB yang telah terdaftar.

Bagi ALB yang telah melengkapi persyaratan dan hendak mendaftar UKEN pada periode ini diharapkan untuk mempersiapkan dokumen dalam bentuk softfile untuk memudahkan pendaftaran online di website resmi INI dan hardfile untuk verifikasi data nantinya. Pendaftaran ini akan dilakukan serentak dari tanggal 17-23 Mei 2023.

Apa saja dokumen yang dibutuhkan ?




1.     Identitas diri (KTP, NPWP);

2.     Bukti Anggota Luar Biasa;

3.     Surat rekomendasi magang yang telah disahkan pengurus organisasi;

4.     Surat keterangan magang yang telah disahkan pengurus organisasi;

5.     Bukti verifikasi data;

6.     Bukti pembayaran UKEN;

 

Setelah berhasil menginput data, kalian diwajibkan membayar Biaya yang telah ditentukan untuk mendapatkan verifikasi lanjutan. Nah, yang terpenting – apa saja sih materi yang harus dipersiapkan agar berhasil mengikuti Ujian Kode Etik periode ini ?

Pasal 6 (3) PERKUM 23/PERKUM/INI/2021 menyatakan bahwa materi untuk pelaksanaan kode etik notaris adalah sebagai berikut :

1.     Undang-Undang Jabatan Notaris;

2.     Kode Etik Notaris

 

Dari pengalaman pelaksanaan sebelumnya, kode etik akan dilakukan dalam 2 tahapan. Yakni test tertulis dan test wawancara (tulis dan lisan), jadi bagi rekan-rekan yang hendak mengikutinya – jangan lupa belajar dengan giat ya!

Akan lebih mudah jika kalian memastikan telah membaca dan memahami seluruh yang diatur dalam peraturan perundang-undangan dan kode etik sebelum mempelajari soal-soal yang beredar dari tahun ke tahun.

Semoga  berhasil!

 cek artikel lainnya seputar Notaris 5 hal wajib yang harus dilakukan Notaris yang baru dilantik

 

Best Regards, Latifa Mustafida

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung.

Latifa Mustafida